Masyarakat Asmat Deklarasi Stop BAB Sembarangan

Masyarakat Asmat Deklarasi Stop BAB Sembarangan
Ilustrasi

JAKARTA | Masyarakat Kampung Ayam Distrik Akat Kabupaten Asmat Papua mendeklarasikan komitmen Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) demi berperilaku hidup bersih dan sehat.

 

Dalam siaran pers dari laman Kementerian Kesehetan yang dikutip di Jakarta, Sabtu, saat ini seluruh warga Kampung Ayam sebanyak 589 orang sudah tidak ada lagi yang BABS dari sebelumnya hanya 138 orang menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

 

Masyarakat Kampung Ayam, Distrik Akat, Kabupaten Asmat, Papua mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Deklarasi itu dilakukan sebagai bentuk komitmen masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

 

Salah satu petugas kesehatan Flying Health Care Kemenkes gelombang IV Eza Yulia Pearlovie mengatakan deklarasi tersebut merupakan deklarasi pertama di Asmat terkait Sanitasi Total Berbasis Mandiri (STBM).

 

Dia mengatakan berubahnya perilaku masyarakat tidak lepas dari dorongan kepala Kampung Bruno Amanko yang menjadi ketua dalam program STBM.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Asmat Bartholomeus Bokoropces memberikan penghargaan kepada warga Kampung Ayam berupa fasilitas sanitasi atas perubahan perilaku yang diterapkan.

 

Eza mengatakan program tersebut berhasil karena melakukan pendekatan kepada pimpinan masyarakat setempat, seperti kepala kampung, tokoh agama, tokoh adat, dan bekerjasama dengan Babinsa.

 

Selain itu, Eza pun berpesan kepada warga agar tidak lagi BABS seperti saat deklarasi. “Harus bisa menjadikan Kampung Ayam sebagai kampung percontohan dunia di saat ada keterpurukan KLB,” kata dia.(Ant/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *