3.219 Anak Papua Menempuh Pendidikan Dibiayai YPMAK, 100 Mahasiswa Lulus Tahun ini

BELAJAR | Suasana pembelajaran yang dilaksanakan di SATP. (Foto: Dok/Seputarpapua)
BELAJAR | Suasana pembelajaran yang dilaksanakan di SATP. (Foto: Dok/Seputarpapua)

TIMIKA | Sebanyak 3.219 anak Papua tercatat menempuh pendidikan dengan dibiayai oleh Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) sebagai pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia.

Jumlah ini merupakan data yang tercatat per Desember 2021.

Sampai saat ini, YPMAK terus melakukan evaluasi data-data mahasiswa bersama 21 mitra atau institusi pendidikan.

“Kami punya peserta beasiswa itu 3.000, saat ini kita sedang evaluasi-evaluasi data-data yang ada di mitra-mitra,” kata Direktur YPMAK, Febian Magal saat diwawancara di kantornya, Kamis (14/4/2022).

Adapun 3.000 lebih siswa yang saat ini menempuh pendidikan terbagi dalam tiga bagian, diantaranya penerima beasiswa di luar Timika, fokus asrama dan dukungan pendidikan di Mimika.

Untuk program penerima beasiswa, sebanyak 944 anak sebagai penerima beasiswa menempuh pendidikan di institusi kemitraan 699 anak dan institusi umum 275 anak.

Dalam mendukung asrama yang dimiliki YPMAK maupun pihak lain sesuai buku pedoman asrama YPMAK, sebanyak 1.628 anak juga menerima beasiswa dengan program pendidikan berpola asrama bagi anak-anak SD, SMP dan SMA Amungme, Kamoro yang ada di Kabupaten Mimika yaitu Asrama Taruna Papua dan Asrama Keuskupan.

Untuk mendukung pembiayaan studi untuk siswa Amungme dan Kamoro pada jenjang mahasiswa program S1 di Kabupaten Mimika, YPMAK juga memberikan beasiswa kepada sebanyak 647 anak.

Di tahun 2021, ada 21 anak penerima beasiswa yang dihentikan di tingkat perguruan tinggi di luar Timika.

Meski begitu, ada juga 32 anak yang telah lulus dari perguruan tinggi di tahun 2021 dan 104 anak juga tercatat lulus dari tingkat SMP dan SMA.

Selain itu 40 anak yang tinggal di asrama juga lulus dari SD dan SMP.

Sehingga total 176 anak telah menyelesaikan pendidikannya di masing-masing tingkat.

Berdasarkan laporan dari mitra YPMAK, diperkirakan 100 mahasiswa akan lulus atau lewat masa studi jenjang perguruan tinggi di tahun 2022.

reporter : Anya Fatma
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.