3 Marga Demo Damai Minta Diloloskan Dalam Proses Seleksi Pengurus YPMAK

Perwakilan masa aksi demo dari 3 marga besar saat menyerahkan aspirasi ke perwakilan YPMAK. (Foto: Humas YPMAK)
Perwakilan masa aksi demo dari 3 marga besar saat menyerahkan aspirasi ke perwakilan YPMAK. (Foto: Humas YPMAK)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Sekelompok massa dari 3 marga besar Suku Amungme, yakni Jangkup, Janampa dan Omaleng menggelar aksi demo damai di Kantor YPMAK, Jalan Yos Sudarso, Mimika, Papua Tengah, Selasa (9/7/2024).

Pada aksinya mereka menggelar poster yang bertuliskan “Kami Marga Janampa, Omaleng, dan Jangkup meminta Timsel YPMAK dari Freeport adil melihat posisi pengurus YPMAK 2024. Karena kami dampak permanen eksplorasi Freeport”.

Koordinator Aksi Demo, Lewi Omaleng mengatakan, sejak adanya mitra LPMAK dan YPMAK, 3 marga besar yang terkena dampak langsung dari operasi PT. Freeport tidak pernah terlibat dalam organisasi.

“Dari hal tersebut, 3 marga besar ini menuntut hak sulung kami agar mendapatkan posisi yang baik dan layak di YPMAK,” katanya.

Posisi yang layak dimaksudkan adalah meminta kepada Pimpinan PT. Freeport Indonesia, Pembina YPMAK, pengurus
YPMAK, LEMASA dan Tim Seleksi pengurus YPMAK Tahun 2024, untuk meloloskan semua tahapan seleksi Pengurus YPMAK tahun 2024, atas Nama Jeminus Omaleng, Nathan Janampa, dan Jhoni Jangkup, yang telah didaftarkan sebagai peserta seleksi Pengurus YPMAK tahun 2024.

Hal ini karena mereka bertiga adalah murni utusan dari perwakilan 3 marga
yang terkena dampak langsung.

“Kami 3 marga adalah korban permanen eksplorasi dan eksploitasi PT. Freeport
Indonesia. Jika point di atas tidak dijawab dalam waktu 1 bulan (terhitung tanggal 9 Juli 2024 – 5 Agustus 2024), kami akan memobilisasi masa yang lebih melibatkan semua elemen masyarakat.
dori semua pemangku,” tegasnya.

Sementara Kepala Divisi Keuangan YPMAK, Edison Wanggai yang menerima aspirasi massa mengatakan, situasi saat ini pimpinan tidak ada di tempat, karena mengikuti prosesi seleksi. Sehingga dirinya mewakili YPMAK menerima aspirasi 3 marga yang melakukan aksi damai.

“Tuntutan mereka agar wakil mereka ada di dalam kepengurusan YPMAK. Dan aspirasi ini akan saya sampaikan kepada pengurus untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

penulis : Mujiono
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan