3000 Pemuda Advent akan Ikut Perkemahan Camporee Pathfinder Se-Provinsi Papua di Jayapura

Direktur Pemuda Daerah Misi Papua, Master Guide pdt.John L Umbora (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Direktur Pemuda Daerah Misi Papua, Master Guide pdt.John L Umbora (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Pathfinder yang merupakan organisasi anak muda di seluruh dunia yang disponsori oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) akan menggelar perhelatan besar bertajuk Perkemahan Camporee Pathfinder.

Perkemahan ini akan diikuti oleh 3000 anggota Pathfinder se-Provinsi Papua berpusat di Rindam, Ifar Gunung, Sentani, Kabupaten Jayapura pada tanggal 5-10 Juli mendatang.

Acara tersebut rencananya akan dibuka di Stadion Papua Bangkit, Kampung Harapan, Sentani.

Direktur Pemuda Daerah Misi Papua, Master Guide Pdt. John L Umbora menjelaskan peserta terdiri dari usia 10-17 tahun terbagi dalam enam kelas Pathfinder yakni Sahabat, Teman, Penyelidik, Perintis, Penjelajah, dan Pemimpin. Dimana 3000 pemuda tersebut telah mengikuti seleksi tingkat Kabupaten.

“Jadi kita berharap ada sesuatu yang baru ketika hampir 3 tahun kita vakum karena kondisi wabah Covid-19 yang mendunia dan kita sangat melihat ada hal yang positif trend dimana pemerintah mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini,” kata John ketika diwawancarai di Timika, Kamis (16/6/2022).

Menurutnya dengan kegiatan ini akan ada banyak orang yang datang ke Sentani, Jayapura.

Nantinya pada saat perkemahan mereka akan diberikan 18 kepahaman berbagai kegiatan olahraga seperti flying fox, games, tour ke tempat wisata, kelas memasak, kemudian kelas tentang semaphore, P3K dasar dan ilmu perbintangan, kemampuan speach atau berbicara, leadership dan kegiatan lainnya.

“Ada kegiatan olahraga seperti flying fox, kemudian ada tour ke Danau Sentani, dan beberapa lokasi wisata seperti jembatan merah kemudian ke wilayah perbatasan di skouw, dan berbagai kelas termasuk ilmu perbintangan, karena kami di gunung lihatnya memang pas sekali dengan indahnya cyclop. Mudah-mudahan cuacanya cerah dan kita bisa melihat keindahan alam diwaktu malam,” jelasnya.

Ia menjelaskan di Gereja Advent dalam enam kelompok Pathfinder jika semua kelas telah diselesaikan, mereka akan disebut Masterguide akan mengambil kelas pemimpin utama.

“Tujuannya adalah membina anak-anak menyalurkan kreatifitas mereka, ada yang suka olahraga diarahkan ke bidang olahraga, ada yang suka kreatifitas yang lain seperti menggambar, atau melukis dan seni lainnya diarahkan juga. Nanti itu mereka akan dapat selempang mirip seperti pramuka,” jelasnya.

Dari enam kelompok Pathfinder tersebut ada 283 kepahaman yang menarik.

“Bersyukur kalau anak itu bisa dapat di usia muda. Jadi kita melihat hal yang positif dengan lahirnya club ini. Tidak harus untuk anak advent siapa saja bisa ada di club ini, untuk siapa saja tapi wadah ini pengelolanya adalah di lingkungan gereja Advent,” jelasnya.

Perkemahan ini merupakan program yang rutin dari Jemaat kemudian setelah tingkah Provinsi rencannya akan ada di tingkat Indonesia secara umum pada tanggal 29 Juni- 5 Juli tahun 2023 kemudian nantinya ada tingkat dunia pada bulan Juli tahun 2024.

 

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.