31 Koperasi di Mimika Ikut Pemeriksaan Kepatuhan

Perwakilan 31 Koperasi mengikuti kegiatan pemeriksaan kepatuhan di Hotel Horison Ultima Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Perwakilan 31 Koperasi mengikuti kegiatan pemeriksaan kepatuhan di Hotel Horison Ultima Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | 31 Koperasi di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengikuti pemeriksaan kepatuhan koperasi terhadap peraturan perundang-undangan, di Hotel Horison Ultima, Senin (5/12/2022).

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ignatius Edi Santoso mengatakan, peran penting koperasi dalam membantu pemerintahan menjaga kestabilitas ekonomi dan juga membantu masyarakat  meningkatkan usaha dan pendapatan ekonomi sangatlah penting.

Kegiatan pemeriksaan kepatuhan koperasi terhadap peraturan perundang-undangan terhadap kabupaten/kota dilaksanakan melalui 2 tema, yaitu workshop kegiatan peningkatan produktifitas SDM pengelola koperasi dan kegiatan pendidikan dan pelatihan pengembangan sistem informasi website koperasi.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan ketrampilan para pelaku koperasi untuk lebih produktif, informatif dan akuntabel yang mampu memberikan timbal balik pada kesejahteraan masyarakat.

Melalui peraturan Menteri Koperasi nomor 18/PER/M.KUKM/XII tentang pedoman bagi SDM koperasi dan pengusaha mikro menengah, maka pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi & UKM melaksanakan kegiatan pemeriksaan kepatuhan koperasi terhadap peraturan perundang-undangan kabupaten/kota dengan mengundang 31 koperasi yang aktif untuk menerima pembelajaran.

Ia mengatakan, koperasi di Timika hampir setiap tahun akan meningkat, namun diperhatikan bahwa kebanyakan koperasi itu mungkin aktif dalam satu atau tahun, kemudian tidak jelas lagi.

“Tetapi sering terjadi bahwa Dinas Koperasi tidak memberikan teguran yang tegas. Kalau koperasi tidak jalan maka harus dibuat surat,” katanya saat membaca sambutan Bupati Mimika.

Saat ini tercatat ada 32 koperasi yang masih aktif berjalan, dan akan diarahkan untuk mengikuti perkembangan teknologi.

“Artinya di era sekarang tidak mungkin kita secara manual lagi, tapi koperasi harus berjalan kuat dengan digital yang lebih baik,” tuturnya.

Ketua Panitia, Nurbaya menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, pengetahuan, kemampuan, keterampilan, kapasitas serta memperbaiki sikap dan perilaku sumber daya manusia koperasi di Mimika.

Sasarannya adalah meningkatnya jumlah koperasi yang mempunyai pengelola atau karyawan yang handal dan secara bertahap bersertifikat uji kompetensi, meningkatkan produktivitas, pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan kapasitas pengelola atau karyawan koperasi.

Ini juga untuk meningkatkan kemampuan manajerial SDM koperasi dan pemahaman pengelolaan koperasi berbasis teknologi, informasi dan komunikasi dan meningkatkan motivasi dan jiwa kewirausahaan SDM pengelola koperasi

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM Jakarta, Ikopin University Bandung dan praktisi dari Universitas Yapis Jayapura.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.