Pendulang Tradisional Kembali Lakukan Pemalangan Jalan 

Pendulang Tradisional Kembali Lakukan Pemalangan Jalan 
Suasana saat aksi palang jalan dengan membakar ban bekas yang dilakukan oleh puluhan pendulang tradisional

TIMIKA | Puluhan pendulang tradisional di Timika, Senin (4/6) sore sekitar pukul 15.15 WIT kembali memalang jalan pertigaan Gorong-gorong, dengan membakar ban bekas. Aksi ini sebagai bentuk permintaan agar Toko Emas Rezky Utama dibuka dan menerima pembelian emas hasil pendulangan mereka.

 

Dari hasil pantauan di lapangan, aksi pemalangan jalan puluhan pendulang tradisional ini dilakukan dengan menutup ruas jalan, atau tepatnya di pertigaan Gorong-gorong dan PIN Seluler. Dimana aksi pemalangan dengan menggunakan balok dan melakukan pembakaran ban bekas. Aksi tersebut mengakibatkan kendaraan yang ingin melintas terpaksa putar balik.

 

“Kami minta Toko Emas Rezky Utama dibuka kembali, agar kami bisa menjual emas hasil pendulangan,” kata salah satu pendulang tradisional, Tn saat ditemui ditengah-tengah aksi.

 

IKLAN-TENGAH-berita

Kata dia, harga penjualan di Toko Emas Rezky Utama lebih tinggi dibandingkan dengan toko emas yang lainnya. Dimana Toko Emas Rezky Utama per gramnya membeli emas dari pendulang Rp450-470 ribu. Sementara di toko emas lainnya hanya Rp350 ribu.

 

Lanjutnya, harga Rp350 ribu tersebut kita pikir sangat tidak masuk akal dan tidak manusiawi karena untuk mendapatkan emas dengan cara mendulang, kita menempuh resiko yang tinggi dengan medan yang cukup berat.

 

“350 ribu tidak manusiawi sekali, karenanya kami tadi sempat untuk meminta beberapa toko tutup kalau menjualnya harganya segitu. Dan kami minta ada penyesuaian harga, antara hasil yang kami dapat dengan upaya yang kami lakukan,” ungkapnya.

 

Hampir kurang lebih dua jam puluhan pendulang tradisional ini melakukan aksi palang jalan dengan bakar jalan. Namun setelah aparat kepolisian dari Polsek Mimika Baru (Miru) yang meminta untuk dibuka, akhirnya mereka bersedia membuka. Dan diarahkan ke Polsek Miru untuk melakukan pertemuan dengan para pemilik toko emas, yang difasilitasi oleh Polsek Miru.(mjo/SP)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar