Polda Papua Kirim Satu Helikopter Bantu Polres Mimika

Polda Papua Kirim Satu Helikopter Bantu Polres Mimika
Helikopter yang dikirim Polda Papua

TIMIKA | Untuk membantu operasional Polres Mimika dalam menjaga keamanan selama Pilkada berlangsung, Polda Papua mengirim satu helikopter tipe Bell 412 EP untuk disiagakan di Timika.

 

“Helikopter dari Polda Papua ini dikhususkan untuk kabupaten yang siap digerakkan ke mana-mana. Dan saat ini untuk keamanan di Mimika tidak ada siaga I. Namun demikian, kami tetap waspada yang membutuhkan keseriusan,” kata Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto.

 

Orang nomor satu di Jajaran Polres Mimika ini mengatakan, sampai saat ini situasi kamtibmas di Mimika masih kondusif. 

 

“Situasi ini sudah kita laporkan ke semua pihak, termasuk Wakapolda Papua, Brigjen Pol Yakobus Marjuki yang beberapa lalu melakukan kunjungan untuk meninjau perkembangan situasi,”katanya.

 

Pada kunjungan tersebut, kata Kapolres, kepada Wakapolda pihaknya melaporkan pelaksanaan tahapan Pilkada, kejahatan konvensional, kelompok kriminal bersenjata (KKB), obyek vital nasional (obvitnas) yang masih relative kondusif.

 

“Saat ini situasi masih kondusif. Kalau pun ada, merupakan bagian dari alam demokrasi yang saat ini terjadi,” kata AKBP Agung saat ditemui di Kantor KPU Mimika, Jalan Yos Sudarso, Senin (18/6).

 

Pada kunjungan Wakapolda, ditambahkan Kapolres pihaknya juga menyampaikan adanya demo atau unjuk rasa damai. Termasuk proses dari sidang sengketa Pilkada dari pasangan calon Philipus Wakerwa-H Basri (Philbas).

 

“Untuk itu terhadap KPU Mimika, kita terus melakukan asistensi (perhatian) lebih. Ini gunanya, agar KPU bisa mengejar percetakan surat suara untuk pemilihan bupati (Pilbup),”tambahnya.

 

Kata Kapolres, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan perusahaan yang mencetak surat suara Pilkada Mimika, dan perusahaan mengatakan akan menyelesaikan percetakan dalam waktu tiga hari.

 

“Untuk percetakan surat suara, kami juga mengirimkan personil untuk melakukan pengamanan terhadap proses percetakan,” terangnya.

 

Sementara untuk masalah distribusi logistic. Kapolres menyampaikan bahwa hal tersebut kewajiban dari KPU Mimika dan pihak ketiga. Namun demikian, selaku aparat keamanan harus diberitahukan atau dilibatkan dalam hal pengamanan.

 

Hal ini lebih dikarenakan kepada bahwa Pilkada di Mimika merupakan agenda nasional. Kapolri juga sudah menekankan agar aparat keamanan bisa mengamankan agenda tersebut.

 

“Intinya kami siap mengamankan pelaksanaan tahapan Pilkada di Mimika. Karenanya, kami harap KPU Mimika intensif membangun komunikasi dan koordinasi dengan kami,” ujarnya.

 

Yang terpenting atau menjadi catatan dalam pelaksanaan Pilkada ini adalah tidak boleh ada keterlambatan distribusi logistik pada daerah terjauh. Karenanya, pihaknya sudah menyiapkan pesawat, helikopter penerbad. Termasuk helikopter yang dikirimkan Polda Papua untuk membantu menciptakan suasana kamtibas yang kondusif.  (mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.