KPU Mimika Belum Tentukan Pihak Ketiga yang Mendistribusikan Logistik

KPU Mimika Belum Tentukan Pihak Ketiga yang Mendistribusikan Logistik
Reinhard Gobai

TIMIKA | Hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Papua belum juga menentukan pihak ketiga yang akan melakukan pendistribusian logistik Pilkada Seretak 2018 di Kabupaten Mimika. 

 

Komisioner KPU Mimika, Divisi Logistik dan Keuangan, Reinhard Gobai mengatakan, mekanisme penunjukan atau penentuan pihak ketiga yang akan mendistribusikan logistik Pilkada Serentak 2018 harus dilakukan melalui pleno. 

 

“Mekanisme pleno yang belum  dilakukan sehingga hingga saat ini kami belum menentukan pihak yang akan mendistribusikan logistik pilkada hingga ke TPS-TPS di seluruh Kabupaten Mimika,” ujar Gobai saat ditemui di Graha Eme Neme Yauware, Sabtu (23/6).

 

Kata dia, seharusnya pekerjaan pendristribusian logistik pilkada dilakukan melalui lelang terbuka. Namun karena waktu yang sudah tidak mencukupi, dan ditambah dengan adanya beberapa kegiatan yang dilakukan oleh komisioner, maka hal itu tidak bisa dilakukan. Terkait dengan masalah ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Papua bahwa pendistribusian logistik pilkada dilakukan secara swakelola.

 

Meskipun dilakukan secara swakelola, syarat dan ketentuan sesuai dengan pelelangan yang berlaku secara umum, sehingga tidak menyimpang dari aturan pengadaan barang dan jasa. “Untuk pihak ketiga, kami akan lakukan secara swakelola. Ini sudah dikoordinasikan dengan Provinsi,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, pihak yang ditunjuk harus menjamin ketersediaan armada transportaso untuk mendistribusikan logistik, baik itu melalui udara, laut, maupun darat. Sehingga pada saat pendistribusian nanti tidak terkenda.

 

“Mimika ini memiliki geografis mulai daerah pegunungan dan pesisir pantai, sehingga armada transportasi harus bisa menjangkau semuanya. Kami berusaha logistik tiba ditempat tujuan,” jelasnya.

 

Disinggung masalah target, kita berharap pendistribusian logistik bisa dilaksanakan pada Senin (25/6) nanti. Karenanya menyangkut pelipatan logistik Pilbup, besok Minggu (24/6) akan dilakukan. Dan selanjutnya langsung dilakukan penyortiran dan pengepakan. Sehingga bisa langsung didistribusikan ke distrik dan TPS.

 

“Proses pelipatan surat suara Pilkada Mimika akan dimulai hari Minggu (24/6). Kami berusaha dapat dilakukan selama satu  hari. Hari Senin (25/6), sudah mulai dilakukan pendistribusian ke daerah-daerah yang jauh. Kami juga akan segera lakukan pleno untuk menentukan pihak ketiga selaku pendistribusi logistik Pilkada,” ungkapnya.(mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.