IODI Mimika Seleksi Atlet Dansa Lewat Lomba Berhadiah

Kamis, 12 Jul 2018 06:32 WIT
Ilustrasi

TIMIKA | Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua segera menyelenggarakan lomba dansa dalam rangka menyeleksi atlet untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang. 

 

Ketua IODI Kabupaten Mimika Willem Falermuri mengatakan, lomba olahraga dansa tersebut rencananya akan digelar mulai Kamis tanggal 26-28 Juli 2018 di Graha Eme Neme Yauware, Kota Timika. 

 

"Kita akan merekrut atlet-atlet dansa terbaik di Mimika yang memiliki bakat, potensi, dalam rangka menghadapi PON 2020," kata Willem kepada wartawan di Timika, Kamis (12/7).

 

IODI Mimika dalam lomba tersebut akan mendatangan dua orang juri profesional dan berpengalaman dari Jayapura, guna menyeleksi atlet olahraga dansa yang rencananya akan direkrut 10 orang lebih. 

 

"Mereka yang terpilih nanti akan kami rekomendasi ke tingkat provinsi untuk mengikuti Training Centre (TC), apakah dilaksanakan di Mimika atau di Jayapura," kata Willem. 

 

Willem mengajak seluruh masyarakat yang berkartu penduduk Mimika dan memiliki bakat olahraga dansa, untuk mengikuti ajang seleksi melalui lomba ini. Mereka yang terpilih nanti akan mendapat piala dan hadiah uang tunai dari penyelenggara.

 

Adapun beberapa kategori olahraga dansa yang akan dilombakan seperi preamateur standar, waltz, cha cha cha, rising star, rumba, quick step, jive, tango, samba dan lainnya. 

 

"Jadi siapapun yang berkartu penduduk Mimika, baik Papua maupun non Papua memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti lomba ini. Segera mendaftar kepada panitia yang kami sudah bentuk," jelasnya. 

 

Willem mengaku melihat cukup banyak potensi atlet olahraga dansa di Mimika. Akan tetapi, perlu dilakukan seleksi agar benar-benar dapat dipilih yang terbaik diantaranya mereka, tidak bisa ditunjuk begitu saja. 

 

Ia menarget atlet dansa asal Mimika dapat mewakili Papua selaku tuan rumah untuk menyabet medali emas khususnya pada cabang olahraga dansa atau dancesport pada PON 2020 mendatang. 

 

Cabang olahraga dansa untuk kali pertama dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional XIX tahun 2016 di Jawa Barat yang sebelumnya hanya eksibisi di PON Kalimantan Timur pada 2008.

 

Dansa yang sempat menjadi polemik di PON Riau pada 2012 sehingga batal digelar, dapat dipertandingkan secara resmi meskipun dengan nama berbeda, yakni dancesport. (rum/SP)

Kategori:
Bagikan