seputarpapua.com

Jalan Santai Awali Kegiatan HUT RI ke 72 di Mimika

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Jalan Santai Awali Kegiatan HUT RI ke 72 di Mimika
JALAN SANTAI – Wabup Mimika Yohanis Bassang saat mengikuti jalan santai dalam rangka HUT RI ke 72 – (Foto : Mujiono/SP)

TIMIKA | Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang, melepas peserta jalan santai sebagai awal rangkaian kegiatan HUT RI ke 72, Jumat (28/7/2017).

Jalan santai yang diikuti ratusan pegawai dilingkup Pemkab Mimika,  TNI-Polri,  BUMN dan BUMD,  mengambil star dan finis di Halaman Graha Eme Neme Yauware, dengan rute yang dilalui  Jalan Budi Utomo,  Cenderawasih,  Yos Sudarso dan Belibis. 

Selain jalan santai, juga digelar pengobatan massal, donor darah, dan pemeriksaan VCT.

Dalam amanat Wabup mengatakan bahwa,  peringatan dan perayaan HUT RI ke 72 ini tanggungjawab seluruh rakyat Indonesia.

“Peringatan HUT RI ini wajib hukumnya untuk Warga Negara Indonesia. Karena tidak mungkin negara lain yang memperingatinya,” katanya.

Untuk itu, Wabup mengingatkan  kepada panitia untuk melaksanakan kegiatan dengan baik, dengan mengoptimalkan semua sumber daya yang ada. Sehingga semua bisa terlaksana secara optimal, baik itu menyangkut anggaran dan kegiatan.

“Ini saya tujukan kepada panitia, khususnya menyangkut anggaran. Apa yang didapatkan untuk dimaksimalkan. Jangan seperti sebelumnya, ada pengaduan-pengaduan karena belum terbayar. Tahun ini saya tidak mau dengar lg,” pesannya. 

Sementara itu,  Ketua Panitia Pelaksana HUT RI ke 72 Pemkab Mimika, Demianus Katiop mengatakan, kegiatan jalan santai dan bersih-bersih kota serta donor darah dikoordinir langsung oleh Dinas Sosial (Dinsos), bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) yang bekerjasama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). 

“Tiga rangkaian kegiatan itu merupakan kegiatan pembuka. Jadi untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya akan disesuaikan dengan jadwal seksi penanggungjawab kegiatan,” katanya. 

Sementara menyangkut anggaran HUT RI, kata dia, tertuang dalam Dokumen Penggunaan Anggaran (2017) Bagian Humas dan Protokoler Setda Mimika, yang sebesar Rp600 juta. 

“Anggaran Rp600 juta tersebut  bisa menutupi tiga item komponen kegiatan. Seperti seksi upacara sebesar Rp300 juta, seksi konsumsi Rp200 Juta, serta seksi dokumentasi dan dekorasi sebesar Rp100 juta,” terangnya. 

Ia menambahkan, untuk mendukung lancarnya kegiatan dan berdasarkan arahan dari Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE., MH,  maka panitia seksi usaha dana diminta untuk mencari sumber dana tambahan dari kontraktor dan perusahan lain mitra pemerintah. 

“Selama seminggu ini seksi pendanaan dapat dari perusahaan swasta sebesar Rp48 juta. Secara terinci untuk nama-nama perusahaan yang membantu,  saya tidak hafal. Yang jelas ada 160 perusahaan yang sudah masukan bantuan,” akunya. 

Untuk itu,  ia berharap, agar  seksi usaha dana terus berusaha mencari donatur,  sehingga bisa mendapatkan anggaran tambahan sebesar Rp220 juta. 

“Sehingga bisa mencapai Rp1 miliar, sehingg bisa memeriahkan peringatan kemerdekaan RI,”  katanya. (mjo/SP)

Berita Terkait
Baca Juga