Jalan Santai dan Senam Awali Kegiatan Peringatan HUT RI ke 73 di Mimika

Jalan Santai dan Senam Awali Kegiatan Peringatan HUT RI ke 73 di Mimika
Senam massal dalam rangka memperingati HUT RI ke 73 di Kabupaten Mimika. (Foto: Mujiono/SP)

TIMIKA | Dalam rangka memperingati HUT RI ke 73, Pemkab Mimika mengawali kegiatan dengan menggelar jalan santai dan senam massal di halaman Graha Eme Neme Yauware pada Sabtu (21/7). 

Jalan santai dan senam massal dibuka Oleh Bupati Mimika,  Eltinus Omaleng diikuti ratusan peserta, mulai dari masyarakat umum, organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Mimika, TNI-Polri, BUMN dan BUMD.

Ketua Panitia Perayaan HUT RI ke 73, I Nyoman Putu Arka, SE MSi mengatakan,  ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, mulai perlombaan, bakti sosial (baksos) sampai upacara pengibaran Bendera Merah Putih.

“Awal dari peringatan HUT RI, kami sudah melaksanakan jalan santai dan senam massal yang langsung dibuka Bupati Eltinus Omaleng,” kata Nyoman.

Ia menjelaskan, rangkaian kegiatan yang sudah direncanakan, yakni mengibarkan Bendera Merah Putih di seluruh Mimika, mulai 1-31 Agustus 2018. Pengibaran ini juga sebagai bentuk partisipasi dari masyarakat Indonesia di Mimika, ikut andil dalam memeriahkan peringatan HUT RI.

 

Baca Juga:

 

“Selain itu, kami mengadakan berbagai lomba, seperti gerak jalan indah, gerak jalan umum tepat waktu, dan akan ada juga lomba tarian seka. Dan untuk panjat pinang akan dilaksanakan di distrik dan kampung. Sehingga kemeriahan peringatan HUT RI ke 73, tidak hanya dilakukan pada wilayah kota tetapi diseluruh pelosok Mimika,” jelasnya.

Selain itu, akan dilaksanakan baksos, seperti pengobatan massal, donor darah, nikah massal (200 pasangan) yang dilaksanakan pada 15 Agustus 2018 di Graha Eme Neme Yauware, perekaman e KTP gratis, dan kegiatan lain.

Sementara untuk acara seremonialnya. Kata dia, akan ada beberapa kegiatan, yaitu mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI yang rencananya dilaksanakan di Gedung DPRD Mimika. 

“Ditambah dengan tabur bunga di Pomako dan karnaval budaya yang melibatkan seluruh masyarakat dengan mengenakan pakaian adat. Serta pemberian remisi kepada narapidana yang ada di Lapas Klas II Timika,” terangnya.

Lanjutnya, sedangkan untuk pengibaran Bendera Merah Putih yang dipusatkan di Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, saat ini sudah dilakukan rekrutmen Pasukan Bendera Merah Putih (Paskibra) kepada siswa-siswi SMA se Kabupaten Mimika yang dikoordinir oleh Batalyon B Brimob Polda Papua.

Sebelum pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih, pada 14 dan 15 Agustus dilakukan gladi (gladi) kotor dan bersih. Dan pada 16 Agustus 2018 dilakukan pawai obor sekaligus pengukuhan anggota PaGladi kotor dan bersih upacara bendera 14 dan 15 agustus. Setelah itu dilakukan pengukuhan anggota Paskibra pada 16 Agustus 2018 malam di Graha Eme Neme Yauware.

“Dengan berbagai kegiatan yang sudah kami rencanakan tersebut, kami mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif, agar bisa berjalan aman dan tertib. Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang memperingati dan memeriahkan HUT RI ini,” ungkapnya.(mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.