seputarpapua.com

DPP Hanura Minta Eltinus Omaleng Mendaftar Ulang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
DPP Hanura Minta Eltinus Omaleng Mendaftar Ulang
PENYERAHAN -Eltinus Omaleng, menyerahkan berkas pencalonan kepada Ketua DPC Partai Hanura Mimika, Saleh Alhamid (Sevianto/SP)

TIMIKA | Berkas pencalonan Eltinus Omaleng selaku bakal calon petahana Pilkada Mimika 2018, ditolak tim seleksi pusat DPP Partai Hanura karena dinilai tidak sesuai ketentuan organisasi partai tersebut.

Eltinus awalnya melakukan pendaftaran melalui Agustinus Anggaibak yang mengklaim dirinya sebagai Ketua DPC Hanura Mimika. Rupanya, kepengurusan Agustinus diketahui tidak sah setelah Eltinus mengajukan berkas pencalonan kepada tim seleksi pusat.

Atas kekeliruan tersebut, DPP Hanura di Jakarta lmeminta Eltinus melakukan pendaftaran ulang di DPC Hanura Mimika pimpinan Saleh Alhamid yang dianggap sah secara organisasi.

“Berkas tersebut harus dimulai dari awal kemudian diserahkan kepada DPD (provinsi) lalu ke DPP (pusat). Ini harus dilakukan untuk dapat mengikuti tahapan fit and proper test,” kata Ketua DPC Hanura Mimika, Saleh Alhamid, di Timika, Sabtu (29/7/17).

Eltinus yang masih aktif sebagai Bupati Mimika, kata Saleh, mengaku baru mengetahui secara pasti tentang keabsahan kepengurusan DPC Hanura Mimika, setelah melakukan koordinasi dengan Tim Seleksi Hanura pusat.

“Setelah itu, barulah Eltinus menyerahkan berkas pencalonan kepada kami. Saya kemudian menyerahkan berkas itu kepada ketua DPD Provinsi Papua, Hengky Kayame, lalu kemudian menyerahkan kepada Tim Seleksi Pusat,” jelasnya.

Selain itu, Saleh juga meminta Eltinus mengindahkan perintah Mendagri untuk segera menyelesaikan semua hak dan protokoler anggota DPRD Mimika selama kurang lebih delapan bulan.

“Ini syarat lain bagi Pak Eltinus. Saya meminta kepada beliau agar mengaktifkan dan membayar semua hak-hak Dewan. Beliau menerima saran saya dan berjanji akan bertemu dengan Gubernur,” kata Saleh.

Saleh menambahkan, mengenai kepastian dukungan Partai Hanura sedianya baru akan dikeluarkan setelah adanya hasil survey yang dilakukan oleh Tim DPP Hanura dan lembaga survey. (rum/SP)

Berita Terkait
Baca Juga