Pemkab Asmat Lakukan Evaluasi RPJMD

Pemkab Asmat Lakukan Evaluasi RPJMD
Bupati Asmat Elisa Kambu. (Foto: Eman)

ASMAT | Pemerintah Kabupaten Asmat melakukan evaluasi dan perubahan terhadap dokumen Rencana Pembangungan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. 

Selain itu, pemerintah setempat juga mengevaluasi sejumlah dokumen perencanaan lainnya seperti dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Strategi (Renstra) dan Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah (Renja OPD).

Bupati Asmat, Elisa Kambu menjelaskan evaluasi dan perubahan sejumlah dokumen perencanaan mengacu pada Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang Perencanaan Pembangunan Daerah dan Evaluasi.

“Aturan mengamanatkan kurang dari tujuh tahun, dokumen perencanaan bisa dievaluasi dan diubah. Karena itu, dokumen perencanaan dimungkinkan untuk diubah,” kata Bupati Kambu.

Dia menegaskan agar para kepala OPD dan staf yang mengikuti kegiatan tersebut harus berkonsentrasi, mencermati dan memastikan dokumen perencanaan Pemkab Asmat dihasilkan dengan baik.

“Para kepala OPD dan staf yang diberi tanggung jawab untuk mengikuti proses ini harus berkonsentrasi dan teliti. Juga memastikan data-data yang valid dan benar,” ujarnya.

Menurut dia, evaluasi dan perubahan dokumen perencanaan dimaksudkan agar ada korelasi antara dokumen perencanaan yang satu dengan dokumen perencanaan yang lainnya. Dengan demikian pembangunan di Asmat akan lebih terukur dan terarah.

“Supaya ada benang merah begitu.Untuk itu, saya minta kita semua berangkat dari satu kerangka Kabupaten Asmat yang maju, sejahtera dan bermartabat,” kata Elisa.

Bupati Kambu menambahkan, dokumen-dokumen perencanaan bakal menjadi landasan pemerintah setempat dalam upaya melaksanakan berbagai program dan kegiatan pembangunan di Asmat

“Adanya perencanaan yang baik, maka program kita tidak mengambang dan tidak setengah-setengah. Dokumen itu menjadi landasan untuk Asmat maju, sejahtera dan bermartabat,” tandasnya.

Evaluasi dan perubahan dokumen perencanaan Pemkab Asmat berlangsung di Aula Ja Asamanam Apcamar, Kota Agats baru-baru ini menghadirkan narasumber dari Jakarta, Dr. Marja Sinurat M.Pd, MM. Kegiatan tersebut diikuti oleh para kepala OPD, kabag, kasubag dan staf. (NT/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *