Freeport Kirim Tim Kemanusiaan ke Lombok 

Selasa, 07 Agu 2018 12:39 WIT
Tim EPR PT. Freeport Indonesia saat bersiap menuju Lombok. Foto : Ipa/SP)

TIMIKA | PT Freeport Indonesia (PTFI) mengirimkan tim Emergency Preparedness dan Response (EPR) dalam misi kemanusiaan guna membantu pemulihan pasca bencana gempa bumi di Lombok. 

Tim yang beranggotakan enam orang ini berangkat, pada Selasa pagi (7/8) dari Bandara Mozes Kilangin, Timika, dengan menggunakan penerbangan komersil menuju Lombok.

Enam orang ini terdiri dari tiga spesialis penyelamatan, satu dokter dan dua perawat.

Selama di Lombok, tim ini akan bergabung dengan tim lainnya di bawah koordinasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). 

"Kami merespon inisiatif KESDM yang mengkoordinasikan pengiriman tenaga-tenaga terlatih dari perusahaan untuk membantu pemulihan pasca bencana," kata Kepala Teknik Tambang PTFI, Zulkifli Lambali. 

 

Baca Juga:

Rencananya, tim ini akan berada di lokasi bencana selama satu hingga dua minggu, atau menyesuaikan dengan kebutuhan dan arahan tim tanggap bencana KESDM di Lombok. 

Sementara Superintendent Emergency Preparedness dan Response PTFI, Syahrir Muin mengatakan, misi kemanusiaan ini merupakan bagian dari kepedulian PTFI terhadap kejadian bencana alam yang terjadi di Indonesia. 

“Pengiriman tim kemanusiaan ini diharapkan dapat membantu proses penyelamatan dan evakuasi saudara-saudara kita di Lombok yang saat ini sedang memerlukan bantuan," ujar dia. 

Tim tanggap bencana Kementrian ESDM ini mulai terlibat dalam penanganan bencana berskala nasional sejak kejadian gempa di Yogjakarta. 

Terbentuknya tim bencana kementrian ESDM ini sejak tahun 2005 setelah pertemuan IFRC ke 9 di PTFI. 

Selama ini tim telah turut terlibat dalam membantu proses evakuasi di lokasi bencana alam lainnya seperti Padang, Wasior dan beberapa lokasi bencana letusan gunung berapi di Indonesia. (Ipa/SP)

Kategori:
Bagikan