Kadinkes Mimika Klaim Telah Lakukan Kampanye Sebelum Pencanangan Imunisasi MRP

Selasa, 07 Agu 2018 19:49 WIT
Kadinkes Mimika Alfred Douw saat meneteskan vaksin kepada siswa SD (Foto: Mujiono/SP)

TIMIKA | Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua, Alfred Douw menegaskan pihaknya telah melakukan kampanye sebelum melakukan pencanangan imunisasi measles (campak), rubella, dan polio (MRP) di bulan Agustus 2018 ini. Kampanye yang dilakukan bahkan hingga ke distrik dan kampung-kampung. 

“Sebelum lakukan pencanangan imunisasi MRP di SD YPP Santo Yohanis Solus Populi, kami melakukan kampanye dan sosialisasi, dimana pada bulan Agustus dan September akan ada imunisasi MRP,” kata Kepala Dinkes (Kadinkes) Mimika, Alfred Douw pada saat pencanangan imunisasi MRP, di Sekolah dan Asrama Solus Populi, Selasa (7/8).

 

Baca Juga:

Kata dia, imunisasi masih menjadi permasalahan di Papua, khususnya Kabupaten Mimika, karenanya pihaknya perlu mengadakan kegiatan pencegahan, dengan memberikan vaksin dan melakukan kampanye di beberapa distrik dan kampung.

“Masalah penyakit MRP ini penting. Semua orang tua diwajibkan membawa anak-anaknya yang masih berumur 9 bulan sampai 15 tahun ke Puskesmas dan rumah sakit untuk imunisasi measles (campak), rubella, dan polio (MRP),” kata Alfred.

Ia mengatakan, pelaksanaan imunisasi MRP telah dilaksanakan di seluruh Indonesia. Sementara untuk di Pulau Jawa sudah dilaksanakan pada Agustus 2017 lalu. Sementara yang berada di luar pulau Jawa pada umumnya, baru melaksanakan di Agustus dan September 2018 ini.

Lanjutnya, tujuan dari imunisasi MRP ini adalah untuk mencegah dan menurunkan kecacatan dan kematian. Karenanya pemberian imunisasi dan vitamin diberikan bagi anak-anak yang berumur 9 - 15 tahun.

“Ini tanggungjawab dari orang tua untuk memberikan membawa anak-anaknya untuk diimunisasi, sehingga terhindar dari kecacatan dan kematian,” tuturnya.(mjo/SP)

Kategori:
Bagikan