Panwas Ingatkan Parpol dan Bacaleg Jangan Curi Star Kampanye

Selasa, 07 Agu 2018 20:03 WIT
Ilustrasi

TIMIKA | Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua selaku Panwaslu Mimika, Tjipto Wibowo mengingatkan seluruh bakal calon legislative (Bacaleg) DPRD Mimika untuk tidak melakukan kampanye atau curi star.

“Saya ingatkan kepada seluruh bacaleg dan parpol untuk tidak curi star. Karena belum adanya penetapan daftar calon sementara (DCS), terlebih lagi penetapan daftar calon tetap (DCT). Apalagi belum memasuki tahapan tersebut,” kata Tjipto kepada wartawan di Timika. 

Kata dia, Parpol dan Bacaleg harus mematuhi PKPU Nomor 5 tahun 2018 tentang Jadwal Program dan Tahapan Pemilu 2019. Serta PKPU Nomor 23 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu 2019.

 

Baca Juga:

Lanjutnya, selaku Panwas, pihaknya akan mengawasi secara ketat segala bentuk aktivitas parpol dan bacaleg. "Semuanya harus mengikuti tahapannya. Menurut aturan, saat ini para peserta Pemilu dilarang berkampanye baik melalui media massa cetak-elektronik, termasuk juga media sosial (medsos)," tegasnya.

“Jadi jangan dulu berkampanye, termasuk juga di medsos. Kalau ditemukan, kami akan kasih peringatan karena itu dilarang. Tentunya akan ada sanksi bagi pelanggarnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk Pemilu 2019, pihaknya akan menghadapi tantangan yang lebih besar dibandingkan Pilkada 2018. Dimana jumlah peserta pemilu 2019 cukup banyak. Sehingga kita berharap proses ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sementara Komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Reinhard Gobay, mengatakan, sudah seharusnya setiap Parpol menyampaikan kepada bacalegnya untuk mengikuti setiap tahapan kampanye. 

“Sampai saat ini pihaknya sedang menyusun DCS Pileg 2019, pasca penerimaan berkas hasil perbaikan yang sudah diserahkan setiap parpol dan bacaleg. Sehingga jangan dulu melakukan kampanye, karena belum tahapannya,” ungkapnya.(mjo/SP)

Kategori:
Bagikan