Komisioner KPU Mimika Tak Tahu Ada Pelantikan PPD dan PPS Pemilu 2019

Selasa, 07 Agu 2018 20:25 WIT
Reinhard Gobai

TIMIKA | Komisioner KPU Divisi Logistik dan Keuangan, Reinhard Gobai mengatakan, secara pribadi dirinya tidak mengetahui kalau ternyata ada pelantikan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2019.

“Saya pribadi tidak tahu kalau ada pelantikan PPD dan PPS itu. Karena saya tidak ada ditempat, dan terlambat diinformasikan melalui telepon sebelumnya,” kata Gobai saat ditemui di Kantor KPU Mimika, Selasa (7/8).

 

Baca Juga:

Reinhard sebelumnya menyampaikan bahwa harus dilakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap PPD dan PPS pada Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua, serta Bupati dan Wakil Bupati Mimika tahun 2018 sebelum dilakukan pelantikan. 

Sementara untuk PPD dan PPS yang baru untuk Pemilu 2019, menurutnya harus melewati tes terlebih dahulu baik secara tertulis maupun wawancara.

Dengan demikian, bagi PPD dan PPS yang sudah dievaluasi kemudian menunjukkan kinerja yang baik maka akan dipertahankan. Namun, bila kinerjanya tidak sesuai standar yang semestinya, maka harus diganti dengan anggota yang baru.

“Sebenarnya kalau dari sisi aturan, mereka harus diberhentikan secara keabsahan dari putusan MK adalah dua bulan setelah Pilkada. Dan kalau ada pelantikan seperti itu, maka harus dipertanyakan. Kemudian mengacu pada aturan mana? Itu paling penting,” tuturnya. 

Adapun PPD dan PPS untuk Pemilu 2019 dimaksud dilantik oleh Ketua KPU Mimika Yoel Luis Rumaikewi dan Komisioner Theodora Ocepina Magal di Graha Efata, Jalan C Heatubun, Kota Timika pada 3 Agustus lalu. (mjo/SP)

Kategori:
Bagikan