Jalan di Mimika ini akan Dijadikan Kawasan Tertib Berlalulintas

Rabu, 08 Agu 2018 18:52 WIT
Petugas Satlantas Polres Mimika saat melakukan penertiban di Jalan Cenderawasih atau tepatnya depan Pusat Pelayanan Polres Mimika (Foto: Humas Polres Mimika/SP)

TIMIKA | Satuan Lalulintas Polres Mimika akan menjadikan Jalan Cenderawasih, tepatnya mulai persimpangan lampu merah diana hingga Gereja Katolik Tiga Raja menjadi kawasan tertib lalulintas (KTL). 

Kasatlantas Polres Mimika, AKP Indra Budi Wibowo mengatakan, kawasan tertib lalulintas harus ada diseluruh kabupaten kota di Indonesia. 

Untuk di Papua, kawasan tertib lalulintas baru ada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Biak. 

"Karenanya, Mimika yang kota besar ini harus ada KTL," kata AKP Indra saat dihubungi media ini melalui telepon selulernya, Rabu (8/8). 

 

Baca Juga:

Pententuan kawasan tertib lalulintas menurut dia, bukan ditentukan oleh Polri. Namun ditentukan dalam kesepakatan bersama sejumlah pihak yang tergabung dalam Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan.

“Dari hasil diskusi yang dilakukan oleh Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan, maka mulai dari persimpangan Diana sampai Tiga Raja akan dijadikan KTL atau tepatnya Jalan Cenderawasih depan Pusat Pelayanan Polres Mimika,” kata dia. 

Sedangkan untuk penerapatan kawasan tertib lalulintas yang sudah disepakati kata dia, harus berdasarkan SK Bupati. Dimana SK ini akan menjadi dasar hukum dalam penerapan kawasan tertib lalulintas.

Namun, menurut dia, sebelum diterapkan maka, Dinas Perhubungan harus melengkapi sejumlah fasilitas pendukung, seperti papan yang menunjukkan bahwa anda memasuki kawasan tertib lalulintas, serta rambu-rambu lalulintas lainnya.

“Kalau Bupati terpilih sudah dilantik, maka kami akan ajukan konsep ini untuk di SK kan. Sehingga Pemda Mimika akan melengkapi sarana dan prasana, dan kami akan bertindak sebagai penegakan hukum,” jelasnya.

Dia menambahkan, sebenarnya ada beberapa jalan yang akan dijadikan kawasan tertib lalulintas. 

Namun, baru Jalan Cenderawasih mulai persimpangan lampu merah diana hingga Gereja Katolik Tiga Raja yang dijadikan pilot project (percontohan). 

Untuk itu, saat ini kata dia, pihaknya gencar melakukan operasi tertib berlalulintas di depan Pusat Pelayanan Polres Mimika. 

Dengan tujuan, untuk mensosialisasikan bilan jalan tersebut akan dijadikan kawasan tertib lalulintas. 

“Kalau sudah diterapkan sebagai KTL, maka bagi yang melanggar akan langsung kami tilang. Dengan kata lain, masyarakat yang lewat disitu harus tertib berlalulintas. Dan itu sebenarnya wajib dilakukan oleh pengendara jalan,” tuturnya. (mjo/SP)

Kategori:
Bagikan