seputarpapua.com

Potensi Perhotelan dan Minimnya Pariwisata Mimika 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Potensi Perhotelan dan Minimnya Pariwisata Mimika 
General Manager Hotel Horison Ultima Timika, Roy Gabriel (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | General Manager Hotel Horison Ultima Timika, Roy Gabriel mengatakan, Kabupaten Mimika memiliki potensi yang cukup besar di bidang perhotelan. Terbukti saat ini, banyak bermunculan hotel-hotel di Timika.

“Sekarang ini banyak muncul hotel-hotel di Timika, seperti Hotel Horison Ultima Timika. Ini menunjukkan potensi perhotelan di Mimika sangat tinggi,” kata Roy Grbriel saat ditemui di Hotel Horison Ultima Timika, Senin (13/8).

Munculnya banyak hotel di Timika karena para investor melihat peluang yang baik untuk menggeluti bisnis ini. Untuk itu pihaknya sangat optimis perhotelan di Mimika akan terus berkembang.

Sementara untuk pariwisata masih belum bisa diharapkan, karena potensi wisata di Mimika masih minim dan belum dikelola dengan baik.

“Segmen pemerintah dan perusahaan yang membuat potensi perhotelan di Mimika sangat besar. Kalau diprosentasekan, maka untuk pemerintah 40 persen dan untuk perusahaan 60 persen,” terangnya.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah mulai tingkat pusat, provinsi, daerah dan perusahaan swasta banyak melakukan kegiatan dengan memakai ruangan di hotel. 

“Jasa perhotelan di Mimika sangat dibutuhkan, baik itu room (kamar) maupun ruang meeting (pertemuan). Ini cocok sekali untuk perbisnisan,” ujarnya. 

Dengan besarnya potensi perhotelan di Mimika, maka Pemkab Mimika melalui Dinas Pariwisata bisa melihat peluang ini. Dalam arti, memberikan dukungan terhadap perhotelan, khususnya peningkatan sarana dan prasarana, serta kualitas sumber daya manusia (SDM). Sehingga perkembangan perhotelan bisa dijadikan salah satu potensi untuk mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Saya yakin, kalau perhotelan di Mimika ini akan maju pesat. Untuk kemajuan tersebut, perlu didukung oleh Pemkab Mimika, mulai penyiapan sarana dan prasarana, sampai kepada peningkatan kualitas SDM. Karena untuk SDM, selama ini kami masih kewalahan untuk melakukan perekrutan,” katanya. (mjo/SP)

Berita Terkait
Baca Juga