4 Hari PSDD,150 Kendaraan Diamankan Sat Lantas

PEMERIKSAAN | Suasana pemeriksaan oleh petugas saat pelaksanaan pembatasan sosial diperluas dan diperketat (PSDD) di Kota Timika. (Foto : Muji/SP)
PEMERIKSAAN | Suasana pemeriksaan oleh petugas saat pelaksanaan pembatasan sosial diperluas dan diperketat (PSDD) di Kota Timika. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Sebanyak 150 kendaraan diamankan Satuan Lalulintas Polres Mimika karena melintas diatas waktu yang ditentukan saat pelaksanaa 

pembatasan sosial diperluas dan diperketat (PSDD).

Ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda empat itu terjaring sejak tanggal 21-24 Mei 2020.

Kasatlantas Polres Mimika, AKP Viky Pandu Widapermana mengatakan, pihaknya mendapatkan intruksi dari pimpinan bahwa kendaraan yang melintas diatas pukul 14.00 WIT diamankan.

Selama pelaksanaan PSDD, ada kurang lebih 150 kendaaan yang diamankan. Kebanyakan kendaraan tersebut diamankan oleh petugas di pertigaan Jalan Budi Utomo dan Jalan Cenderawasih.

“Ratusan kendaraan (Diamankan,red) tersebut tidak kami tilang, hanya diamankan di Polres Pelayanan. Pemilik kendaraan bisa mengambilnya dngan disertai bukti-bukti seperti surat-surat kendaraan,” kata Kasatlantas melalui telepon selulernya, Senin (25/5).

Sementara Kasat Intelkam Polres Mimika dan selaku Perwira Pengendali di pos pertigaan Jalan Budi Utomo dan Jalan Cenderawasih, AKP Sudirman mengatakan, semua kendaraan yang diamankan merupakan pengendara yang melakukan aktivitas di luar rumah melebihi jam ditentukan. Kecuali beberapa pihak yang diperbolehkan, seperti aparat keamanan, petugas kargo, PLN, Telkom, tenaga medis, dan beberapa petugas.

“Kebanyakan kendaraan diamankan ini karena keperluan pribadi yang dilakukan diluar jam yang ditentukan. Padahal pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan pembatasan sosial,” kata Sudirman melalui telepon selulernya.

Kendaraan yang diamankan ini merupakan kebijakan dari pimpinan untuk memberikan efek jera. Apalagi PSDD dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Mimika.

“Kendaraan yang kami amankan sebagai bentuk efek jera. Dan selanjutnya diserahkan kepada Satlantas Polres Mimika untuk diproses. Apakah ditilang karena tidak lengkap kendaraannya atau lainnya,” katanya.

Selain kendaraan yang diamankan, pengendaranya langsung dilakukan rapid test (tes cepat antibody). Dimana sejak 21 Mei 2020, kurang lebih ada 311 masyarakat yang di rapid test. Dengan temuan 36 masyarakat yang reaktif atau positif rapid test.

“Rinciannya, Timika Mall 82 orang di rapid test dengan sembilan positif, (Budi Utomo-Hasanuddin) 48 rapid tes dengan enam reaktif, Pom Lama 13 di tes dan 4 reaktif, pasar lama 29 di tes dan lima reaktif, pertigaan Diana 117 di tes dan 9 reaktif, dan KPPN 32 di tes dan 2 reaktif,” terangnya.

Selama pelaksanaan PSDD, Tim Gugus Covid-19 Mimika melakukan pembatasan sosial untuk tidak melaksanakan aktivitas di luar rumah sejak pukul 14.00 – 06.00 WIT. Dalam pelaksanaan PSDD setidaknya ada 17 titik yang dijaga oleh petugas gabungan, mulai TNI-Polri, Dishub, Satpol PP, BPBD, Dinkes dan BTB.

.

Reporter : Mujiono
Editor: Misba

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar