Alfo Smith Ciptakan Karya Tari ‘Boddy Of The Kamoro’

Alfo Smith Ciptakan Karya Tari 'Boddy Of The Kamoro'
Tarian 'Boddy Of The Kamoro' karya Alfo Smith. (Foto: Aditra/SP)

TIMIKA | Karya tari Tubuh Suku Kamoro atau Boddy Of The Kamoro merupakan karya koreografi  asal Timika yaitu, Paulus Yanyaan atau lebih dikenal Alfo Smith. 

Anak muda kelahiran 13 Juli 1995 meluncurkan karya tari  Boddy Of The Kamoro, pada Sabtu (25/8) malam di Pomako, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. 

Karya tari ini sekaligus sebagai ujian karya tari dan karya tulis Alfo pada  program akhir studi seni tari falkutas seni pertunjukan Institut Kesenian Jakarta. 

Tari Boddy Of The Kamoro menceritakan tentang alam adalah tubuhku, dan jiwa adalah alamku. 

Sehingga, sungai, sampan dan sagu merupakan satu kesatuan yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat Kamoro. 

Untuk itu, kemana arah kaki berpijak dunia terasa sempit dengan tidak merasakan, sungai, sampan dan sagu. Sebab, ketiga itu merupakan lambang kemakmuran dan kesuksesan. 

Tarian ini juga menggambarkan tentang simbol dari kepercayaan adalah kekuatan kehidupan, kekuatan tubuh dan kekuatan tulang.

Alfo mengatakan, karya tari ini terinspirasi dari upacara adat karapao atau pendewasaan suku Kamoro. 

Dalam upacara adat tersebut masyarakat suku Kamoro akan memukul tubuhnya sendiri untuk memanggil roh, sebagai tanda leluhur mereka telah berada di tengah-tengah upacara adat. 

Seorang remaja suku Kamoro dinyatakan dewasa harus mengikuti upacara adat karapao sebagai syarat menjadi orang dewasa. 

"Saya terinspirasi buat karya tari Boddy Of The Kamoro dari upacara adat Karapau dari suku Kamoro, Timika," kata Alfo. 

Dalam pertunjukan karya tari ini, Alfo melibatkan empat penari profesional diantaranya, Densiel Lebang, Yusuf Bakrie, Daniel Kunchunk, dan Chun Funky Papua. Serta 17 penari yang berasal dari Sanggar Amuta Wapuri dan Noken Star Papua Dancer. (Ipa/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan