Pemkab Mimika Rencanakan Aksi 'Sukseskan PON XX'

Sabtu, 08 Sep 2018 15:04 WIT
Kepala Bappeda Mimika, Simon Mote

TIMIKA | Untuk menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Pemda Mimika merencanakan aksi 'Sukseskan PON XX'.

Kepala Bappeda Mimika, Simon Mote mengatakan, rencana aksi tersebut tertuang dalam pertemuan yang di gelar di Hotel Grand Mozza belum lama ini. 

Dalam pertemuan itu, dibahas mengenai venue cabang olahraga, penginapan hingga keamanan.

“Dari rencana tersebut, kami sudah melakukan pertemuan internal untuk melakukan penyusunan rencana aksi “Sukseskan PON XX,” kata Mote saat ditemui di Rimba Papua Hotel (RPH), Jumat (7/9).

Menurut dia, rencana aksi “Sukseskan PON XX” harus dilakukan mengingat ada sembilan cabang olahraga yang akan dipertandingkan dan diperlombakan di Mimika. Sehingga, semua pihak yang terlibat diharapkan dapat mempersiapkan diri.

Misalnya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyiapkan sarana komunikasi. Dinas Pekerjaan Umum (DPU)  menyiapkan infrastruktur jalan disetiap venue. Serta pihak keamanan dalam pengamanan pelaksanaan PON XX nanti.

“Rencana ini sudah mulai jalan. Dimana hal-hal yang berkaitan dengan PON XX dianggarkan dalam APBD 2019. Karena 2020 tinggal pelaksanaan,” katanya. 

Kata dia, terkait rencana aksi ini, adanya sharing pendanaan antara Pemkab Mimika dan Pemerintah Provinsi Papua. Dalam arti, ada pembagian pekerjaan antara provinsi dan kabupaten.
 
Contohnya, cabang olahraga billiard, Pemda Mimika membangunkan gedungnya, Pemprov Papua yang menyediakan alatnya, mulai meja sampai stik. Termasuk makan, minum, sampai tempat penginapan para atlet dan official.

“Pada PON XX nanti, rencananya akan ada 60 ribu yang akan datang ke Mimika. Karenanya, perlu dilakukan perencanaan yang matang, agar pelaksanaan bisa berjalan sukses. Oleh itu, rencana aksi “Sukseskan PON XX” ini penting untuk dilakukan,” ungkapnya. (mjo/SP)

Kategori:
Bagikan