TNI AL Dukung Pembangunan di Asmat

Senin, 10 Sep 2018 23:02 WIT
Komandan Pos TNI Angkatan Laut Agats, Letda Laut Diki Erlan Pranata. (Foto: Eman)

ASMAT | Komandan Pos TNI Angkatan Laut Agats, Letda Laut Diki Erlan Pranata mengatakan keberadaan TNI AL di Kabupaten Asmat selain menjaga keamanan laut, juga mendukung kegiatan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Menurut Diki, kerja sama TNI AL dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat selama ini terjalin baik. Dalam beberapa kesempatan, pihaknya membantu pemerintah daerah, seperti penanganan masalah kejadian luar biasa (KLB) campak dan gizi buruk beberapa waktu lalu.

“Tugas pokok yang pertama melaksanakan keamanan laut. Kedua membantu pemerintah daerah, dan ketiga untuk SAR,” kata Erlan di Agats.

Selain tiga fungsi pokok tersebut, kata Erlan, pihaknya memiliki fungsi tambahan atau pendukung, yakni melakukan pembinaan potensi maritim dan pembinaan desa pesisir. 

“Itu sudah kami lakukan secara berkala. Kami juga membantu pemerintah daerah semaksimal mungkin, seperti kemarin saat KLB kami ikut melakukan evakuasi korban,” ujarnya.

Erlan mengatakan saat ini pihaknya tengah membangun Pos TNI AL Agats yang baru. Dengan sarana prasarana yang baru, diyakini kinerja TNI AL di Kabupaten Asmat akan lebih baik, begitu pun hubungan kerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

“Dinas Fasilitas Pangkalan Lantamal XI membangun satu unit rumah dinas dan satu unit kantor Pos AL Agats yang baru. Pekerjaannya sudah dilakukan dengan konstruksi beton,” kata dia.

Ia menambahkan, pembangunan rumah dinas dan Pos AL Agats yang baru sudah mencapai 80 persen, dan diperkirakan pada November mendatang proyek tersebut sudah rampung.

“Dengan dibangun baru mungkin akan ditingkatkan tipe Pos AL serta ditambah jumlah personilnya,” ujar Erlan. (NT/SP)

Kategori:
Bagikan