Ada OPD Mimika Tidak Masukkan Rencana Pengadaan Melalui LPSE

Rabu, 12 Sep 2018 17:43 WIT
LPSE

TIMIKA | Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) Kabupaten Mimika, Papua, Bambang Widjaksono mengatakan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mimika belum mengoptimalkan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Bambang di Timika, Rabu, mengatakan LPSE Kabupaten Mimika belum dimanfaakan secara optimal oleh OPD di lingkungan pemkab Mimika, bahkan ada OPD yang sama sekali tidak memasukkan rencana umum pengadaan untuk dilelang melalui LPSE.

"Kami sudah surati masing-masing OPD untuk memasukan rencana umum pengadaan yaitu semua kegiatan baik yang swakelola maupun yang dilaksanakan oleh pihak ketiga," ujarnya.

Selain itu, banyak OPD yang hanya memasukan kegiatan yang sifatnya melibatkan pihak ketiga sedangkan yang swakelola tidak dimasukan pada hal semua kegiatan harus dimasukan tanpa terkecuali termasuk yang swakelola.

Menurut Bambang, perlu ada penyamaan presepsi terkait kewajiban memasukkan data untuk LPSE termasuk kegiatan apa saja yang harus dimasukan.

Untuk itu, pihaknya mengagendakan pertemuan dengan para pimpinan OPD terkait pemanfaatan LPSE.

"Kita ada rencana untuk buat pertemuan terkait penyamaan presepsi. Kendati demikian selama ini kami sudah "jemput bola" dengan mendatangi masing-masing OPD untuk menyampaikan terkait memasukan data ke LPSE," ujarnya.

Dari total 59 OPD di lingkungan Pemkab Mimika, hanya 23 OPD yang telah memasukkan rencana umum pengadaan tahun 2018 dengan total sebanyak 1.009 paket kegiatan, yang 192 paket diantaranya merupakan kegiatan swakelola. (Ant/azk/SP)

Kategori:
Bagikan