Oknum ASN Terjaring OTT Direskrimsus Polda Papua

Rabu, 12 Sep 2018 20:44 WIT
M saat menjalani pemeriksaan usai terjaring OTT. (Foto: Humas Polda Papua)

JAYAPURA | Tim saber pungli Polda Papua dalam operasi tangkap tangan telah menangkap M, aparat sipil negara (ASN) di Kelurahan Sentani Kota, Kabupaten Jayapura.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, penangkapan yang dilakukan Rabu (12/9) sekitar pukul 12.30 WIT itu dipimpin Kompol Philip Muga Lajar.

Dia mengatakan, dari laporan yang diterima terungkap tim saber pungli selain menangkap M juga menyita uang tunai sebesar Rp970 ribu dan satu buku register yang diduga data surat keluar.

Operasi tangkap tangan yang dilakukan tim saber pungli terkait transaksi pungutan liar terhadap penerbitan surat izin yang dikeluarkan untuk masyarakat, dan diduga dilakukan sejak 2014 atas perintah Ka Distrik Sentani Kota.

Adapun dana yang dipungut kepada masyarakat di antaranya untuk mengurus surat pengantar KTP, kartu keluarga, dan akta kelahiran, surat keterangan domisili, keterangan kematian, surat keterangan tidak mampu, hingga surat keterangan kepengurusan tanah dengan biaya mulai dari Rp15 ribu hingga satu juta rupiah.

"M beserta barang bukti uang Rp970 ribu dan buku registrasi sudah dibawa ke Polda Papua untuk diperiksa lebih lanjut," kata Kombes Kamal. (IPA/Ant/SP)

Kategori:
Bagikan