DKPP Berhentikan Tetap  Empat Komisioner KPU Mimika 

Rabu, 12 Sep 2018 21:36 WIT
DKPP

TIMIKA | Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberhentikan tetap empat komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika dan memberikan peringatan kepada satu komisioner. Keputusan tersebut diputuskan DKPP pada Rabu (12/9).

Empat Komisioner KPU Mimika yang diberhentikan tetap, yakni Theodora Ocepina Magal, Yoel Luis Rumaikewi, Alfrets Petupetu dan Derek Kalvin Mote. Sementara satu Komisioner KPU Mimika yang diberikan peringatan adalah Reianhard Gobai.

Keputusan DKPP berdasarkan perkara Nomor 142/DKPP-PKE-VII/2018 dengan pengadu atas nama Eltinus Omaleng yang memberikan kuasa  kepada Marvey J. Dangeubun, Iwan Anwar dan Ruben Hohakay dengan teradu Ketua dan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika serta Ketua dan Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mimika.

Pada laporan tersebut, salah satunya menyangkut ditetapkannya kembali atau mengikutsertakan pasangan calon (paslon) Hans Magal-Abdul Muis (HAM), terkait jabatan Abdul Muis yang pernah menjabat sebagai Bupati Mimika dan kembali mencalonkan sebagai wakil bupati.

Anggota KPU Papua, Tarwinto membenarkan sudah ada putusan dari DKPP terkait status dari komisioner KPU Mimika. Dimana pada putusan DKPP tersebut, empat komisioner diberhentikan secara tetap dan satu komisioner mendapatkan peringatan. 

Selain itu, KPU Papua juga mendapatkan peringatan pada putusan DKPP tersebut, karena dinilai tidak melakukan supervise terhadap keputusan KPU Mimika yang memasukkan kembali paslon Hans Magal-Abdul Muis (HAM), dalam Pemilihan Bupati Mimika tahun 2018 lalu.

“Keputusan DKPP hari ini, empat komisioner KPU Mimika diberhentikan tetap. Dan satu mendapatkan peringatan, termasuk KPU Papua,” kata Tarwinto saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (12/9) malam.

Kata dia, setelah diputuskan, KPU Papua akan memberhentikan secara tetap komisioner KPU Mimika paling lambat tujuh hari setelah keputusan DKPP. Dengan demeikian, maka sejak hari ini empat orang tersebut tidak bisa melaksanakan tugas sebagai komisioner KPU Mimika.

Dengan pemberhentian tersebut, tidak akan pengaruh pada sidang MK. Karena akan digantikan oleh KPU Papua yang mengambil alih tugas KPU Mimika. 

“Kemungkinan besok kami sudah menyiapkan dan menerbitkan SK pemberhentian empat komisioner KPU Mimika,” katanya. (mjo/SP)

Berikut hasil keputusan DKPP nomor 142/DKPP-PKE-VII/2018 terkait komisioner KPU Mimika yang dikutip dari laman http://dkpp.go.id/index.php?a=daftarputusan&id=putus

1. Mengabulkan pengaduan para Pengadu untuk sebagian; 

2. Menjatuhkan sanksi berupa Pemberhentian Tetap kepada T. Ocepina Magal selaku Ketua merangkap Anggota KPU Kabupaten Mimika, Yoe Luis Rumaikewi, dan Alfrets Petupetu masing-masing sebagai anggota KPU Kabupaten Mimika, yang dalam Perkara Nomor 142/DKPP-PKE-VII/2018 secara berurutan sebagai Teradu I, Teradu III, dan Teradu IV, sedangkan pada Perkara Nomor 158/DKPP-PKE-VII/2018, Perkara Nomor 159/DKPPPKE-VII/2018 sebagai Teradu II, Teradu IV, Teradu VI, dan pada Perkara Nomor 171/DKPP-PKE-VII/2018 kepada Teradu II dan Teradu IV. 

3. Merehabilitasi nama baik Derek Mote selaku Anggota KPU Kabupaten Mimika dan sebagai Teradu II sepanjang Perkara Nomor 142/DKPP-PKEVII/2018, dan menjatuhkan sanksi Pemberhentian Tetap kepada Derek Mote sebagai Teradu III sepanjang Perkara Nomor 158/DKPP-PKEVII/2018, Perkara Nomor 159/DKPP-PKE-VII/2018 dan Perkara Nomor 171/DKPP-PKE-VII/2018 terhitung sejak dibacakannya Putusan ini; 

4. Merehabilitasi nama baik Reinhard Gobai selaku Anggota KPU Kabupaten Mimika dan sebagai Teradu V sepanjang Perkara Nomor 142/DKPP-PKEVII/2018, Perkara Nomor 171/DKPP-PKE-VII/2018, dan menjatuhkan sanksi Peringatan kepada Reinhard Gobai sebagai Teradu V sepanjang Perkara Nomor 158/DKPP-PKE-VII/2018, Perkara Nomor 159/DKPP-PKEVII/2018 terhitung sejak dibacakannya Putusan ini. 

5. Menjatuhkan sanksi berupa Peringatan kepada Teradu VI Toni Leander Agapa, Teradu VII Imelda Rosita Ohee, dan Teradu VIII Johanes E.S.Wato selaku Ketua merangkap Anggota dan Anggota Panwas Kabupaten Mimika sejak dibacakannya Putusan ini sepanjang Perkara Nomor 142/DKPP-PKEVII/2018; 

6. Menjatuhkan sanksi Peringatan kepada Teradu I Tarwinto selaku Anggota KPU Provinsi Papua terhitung sejak dibacakannya Putusan ini sepanjang Perkara Nomor 158/DKPP-PKE-VII/2018 dan Perkara Nomor 159/DKPPPKE-VII/2018;

Kategori:
Bagikan