seputarpapua.com

KKJB Mimika Ingin Menjadi Pelopor Kebersihan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
KKJB Mimika Ingin Menjadi Pelopor Kebersihan
BERSIH KOTA – Sejumah Warga KKJB dan Aparat Kemanan saat melakukan Bersih-Bersih di salah satu ruas jalan di Kota Timika, Jumat (4/8) – (Foto: Mujiono/SP)

TIMIKA I Sebagai bentuk peran dan eksistensi Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Kabupaten Mimika yang memiliki tanggungjawab terhadap lingkungan, masyarakat Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKJB) Mimika melaksanakan kerja bakti di sejumlah ruas jalan di Kota Timika, Jumat (4/8/17).

Kegiatan yang diikuti ratusan warga KKJB Mimika bekerja sama dengan TNI-Polri bergerak bersama-sama membersihkan sampah dipinggiran jalan. Adapun wilayah yang menjadi kegiatan bersih-bersih, yakni Graha Eme Neme Yauware, sepanjang Jalan Belibis, Jalan Yos Sudarso, seputaran pasar lama, Jalan Pendidikan, Jalan Budi Utomo, dan kembali lagi ke Graha Eme Neme Yauware.

Dengan berbekal Sapu Lidi dan Kantong Kresek berukuran besar, para peserta bersih-bersih mengambil sampah-sampah yang ada dipinggiran jalan. Sampah-sampah yang dikumpulkan langsung dibuang ke tempat pembuangan sampah sementara yang terletak di pasar lama. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari warga setempat yang juga ikut melakukan bersih-bersih di depan rumah ataupun tempat usahanya.

Ketua KKJB Mimika, Imam Parjono yang ditemui seputarpapua.com mengatakan, kegiatan bersih-bersih kota ini dalam rangka menyambut HUT KKJB ke 2 yang jatuh pada 12 Agustus nanti. Selain itu juga, dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia yang ke 72.

Parjono menambahkan, keterlibatan TNI-Polri dalam pelaksanaan Jumat bersih ini sebagai wujud kebersamaan dan kemanunggalan TNI-Polri dengan masyarakat.

“Kami ingin menjadi pelopor kebersihan dan menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Mimika. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres, Danlanud, Danlanal, dan Dandim yang diwakili Danramil Kota Timika beserta jajaran yang telah ikut membantu.,”ungkapnya.

Selain untuk meningkatkan kemanunggalan antara aparat keamanan dan masyarakat, kegiatan bersih-bersih ini sebagai bentuk peran aktif masyarakat, khususnya KKJB Mimika dalam menjaga kebersihan Kota Timika dan sekitarnya. Karenanya, pihaknya berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja, tetapi terus berlanjut.

“Semoga kegiatan ini tidak terputus, tapi setiap  bulannya terus dilaksanakan. Dan untuk kepanitian bisa berganti-ganti, sekarang dari KKJB, bulan depan dari yang lainnya. Dengan melibatkan banyak warga dari berbagai kelompok. Sehingga semua berperan dalam menjaga kebersihan daerah ini,” kata Parjono.

Selain bersih-bersih, pada peringatan HUT KKJB Mimika ke 2 akan melaksanakan berbagai kegiatan, yang semuanya dipusatkan di Graha Eme Neme Yauware. Dimana, sebelum pelaksanaan acara resmi atau persepsi akan diawali dengan konvoi atau karnaval dari Sekretariat KKJB Mimika ke Graha Eme Neme Yauware.

“Pada karnaval budaya, kami akan menonjolkan seni budaya dari berbagai daerah. Sehingga masyarakat bisa mengetahui secara langsung seni budaya Jawa yang banyak dan beragam. Dan ini sebagai bentuk kewajiban dalam melestarikan budaya bangsa,”ungkapnya.(mjo/SP)

Berita Terkait
Baca Juga