Mus Pigai Ajak Seluruh Masyarakat Mimika Dukung Bupati-Wabup Terpilih

Kamis, 20 Sep 2018 21:28 WIT

TIMIKA | Wilhelmus Pigai dan Athanasius Allo Rafra mengajak seluruh masyarakat Mimika termasuk konstituennya mendukung pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (Omtob) yang telah ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih periode 2018-2023. 

Mus Pigai-Allo Rafra (Musa) juga mengajak kandidat lain yang ikut dalam kontestasi Pilkada Mimika, menunjukkan sportivitas dan sikap kesatria dengan mengajak seluruh simpatisannya masing-masing untuk mendukung hasil dari sebuah proses demokrasi tersebut. 

“Mari kita sebagai anak Mimika tunjukkan sikap profesionalisme dalam berpolitik, untuk mengajak konstituen kita satukan hati untuk mendukung saudara Eltinus Omaleng dan John Rettob sebagai bupati dan wakil bupati terpilih,” kata Mus Pigai saat menghubungi wartawan di Timika, Kamis (20/9). 

Ia mengajak seluruh kandidat lain agar memberikan masukan yang konstruktif kepada bupati dan wakil bupati terpilih, sebagaimana visi dan misi masing-masing pasangan calon yang memuat berbagai ide-ide kreatif dan tentu saja demi kepentingan rakyat Mimika.

“Ini supaya semua menjadi lebih baik dari sebelumnya, mari kita membangun daerah bersama-sama sehingga apa yang kita inginkan sesuai visi dan misi masing-masing dapat terwujud. Tidak ada visi dan misi yang tidak baik dari semua kandidat,” kata dia.

Menurut dia, semua pihak harus mendukung bupati dan wakil bupati terpilih yang telah ditetapkan oleh KPU Provinsi Papua di Jayapura, Rabu (19/9), sebab itu merupakan hasil dari sebuah proses demokrasi melalui pemilihan langsung oleh masyarakat Mimika sendiri.

“Tidak boleh ada konflik interest (kepentingan) atau konflik apapun, saya mau stigma Mimika rawan konflik itu kita patahkan dengan kebersamaan dan membangun kekuatan dalam membangun daerah secara bersama-sama,” katanya. 

“Saya tidak mau ada ketegangan diantara elit politik di Mimika, tidak boleh ada yang dikotomi. Mari kita satukan pikiran, sehingga masyarakat Mimika bisa melihat bahwa kita para elit saja bersatu untuk membangun daerah ini,” sambung dia.  

Di samping itu, Mus Pigai selaku tokoh dan salah satu pendiri Kabupaten Mimika meminta Omtob selalu membuka diri dan menerima segala masukan demi membangun daerah dan masyarakat yang lebih baik. 

“Eltinus Omaleng dan John Rettob bukan lagi menjadi milik tim sukses, tetapi milik seluruh masyarakat Mimika. Karena itu, saya harap ke depan menjadi pemimpin yang bijaksana, pengayom, dan juga menjadi pemimpin pendengar bagi masyarakatnya,” katanya lagi. 

Selain itu, Ia berpesan kepada pasangan Omtob agar bersikap sebagai pemimpin yang besar dan melihat segala persoalan secara konstruktif. Termasuk terhadap masalah yang mendapat sorotan para kandidat saat kampanye, seperti PHK sepihak ribuan karyawan PT Freeport Indonesia, masalah guru honorer hingga perang suku. 

“Bupati dan wabup terpilih adalah milik semua suku, agama dan golongan. Sebagai pemimpin harus berjiwa besar untuk menyelesaikan berbagai masalah itu, harus ada solusi sehingga tidak ada lagi akumulasi masalah yang membuat kita tidak tenang, menjadi beban bagi daerah,” ujarnya. 

Tidak itu saja, Mus juga berpesan agar Omtob harus bisa berkolaborasi dengan DPRD ke depan. Sebab bagaimanapun, legislative dan eksekutif serta yudikatif merupakan tiga lembaga yang tidak terpisahkan dalam penyelenggaan roda pemerintahan di daerah. 

Terakhir, Ia berharap Omtob dapat menyelesaikan masalah peredaran bebas minuman keras beralkohol yang menjadi sumber masalah di Mimika, dengan mengacu pada Pakta Integritas Gubernur Papua dan DPR Papua serta seluruh bupati/walikota se-Provinsi Papua. 

“Saya secara pribadi bersama pak Allo Rafra membuka diri ketika saudara Eltinus Omaleng dan John Rettob ingin meminta saran dan pendapat terkait dengan pembangunan untuk masyarakat kita di daerah,” pungkasnya. (rum/SP)

Kategori:
Bagikan