Puluhan Anggota Satpol PP Mimika Jalani Tes Urine BNN

Puluhan Anggota Satpol PP Mimika Jalani Tes Urine BNN
Anggota Satpol PP Mimika melakukan tes urine. (Foto: Ist)

TIMIKA | Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, melakukan tes urine sebanyak 30 anggota satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) setempat, di Timika, Jumat (21/9).

Kepala BNN Kabupaten Mimika, Mursaling, mengatakan tes urine tersebut merupakan kegiatan rutin guna menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika tahun 2018-2019.

"Terima kasih atas kesempatan hari ini. Sesuai dengan Dokumen Penggunaan Anggaran BNN Mimika tahun 2018, kami diberikan kesempatan untuk melakukan deteksi dini salah satunya dengan tes urine sebanyak 30 anggota Satpol PP Mimika," tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa upaya pencegahan juga telah dilakukan di sejumlah instansi dan kelompok masyarakat baik dengan cara sosialisasi maupun tes urine.

Ia menjelaskan sebanyak 21 orang diantaranya dua siswa SMA di Mimika yang terdeteksi positif narkoba telah mengikuti program rehabilitasi di klinik Pratama BNN Mimika tahun 2018.

"Jangan takut untuk deteksi dini narkoba. Jika positif maka kami akan rehabilitasi ditangani paramedis dan dokter khusus. Jika tidak maka akan dirujuk ke Makassar untuk rawat inap," ujarnya.

Sekretaris Dinas Satpol PP Kabupaten Mimika Septinus Marandof mengapresiasi kegiatan BNN Mimika itu.

Namun, ia mengaku kecewa lantaran hanya 30 orang yang diperiksa sesuai dengan kuota yang ditetapkan BNN Kabupaten Mimika.

"Ke depan kami akan dorong melalui APBD untuk program tes urine ini sehingga lebih banyak anggota Satpol PP yang dites urinenya," kata Septinus.

Berdasarkan hasil tes tersebut, dari 30 anggota Satpol PP semuanya negatif narkoba. (Ant/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *