Kodim 1710 Dukung Swasembada Pangan di Mimika

Kodim 1710 Dukung Swasembada Pangan di Mimika
Penanaman padi bersama yang dilakukan Kodim 1710 Mimika, Distanbun, dan Kelompok Tani. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Kodim 1710 Mimika berkomitmen mendukung  program swasembada pangan di Kabupaten Mimika. 

Salah satu bentuk komitmen yang ditunjukkan adalah dengan ikut serta dalam penanaman padi bersama Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (Distanbun) dan Kelompok Tani Milik Bersama di Kampung Mware, Distrik Mimika Timur, Selasa (25/9).

Pada penanaman padi bersama di lahan seluas lima hektar, Kodim 1710 Mimika menurunkan seluruh Babinsa dan Komandan Danramil dipimpin  Kasdim 1710 Mimika, Mayor Inf Fahmil Haris.

Kasdim  mengatakan, tanam padi ini merupakan salah satu program TNI AD, khususnya di bagian teritorial untuk meningkatkan swasembada pangan di daerah, khususnya Mimika.

"Kita ketahui bersama bahwa swasembada pangan ini untuk memenuhi kebutuhan pokok. Karenanya, kami melakukan ini secara berkelanjutan seperti kemarin sudah di SP 5 dan sekarang di Kampung Mware," katanya.

Kabid Produksi Tanaman Pangan Distanbun, Daniel mengatakan bahwa program ini sebagai bentuk pembinaan terhadap kelompok tani di Mimika. 

"Dalam pembinaan ini kita melakukan pendampingan dan memberikan bantuan berupa benih, pupuk, dan obat-obatan,"tuturnya.

Pada penanaman padi di Mimika ini, pihaknya menggunakan varietas unggulan, yakni Situbagindi SS dan Empare 32.

"Dengan program ini, kami harap ada swadaya dari masyarakat dan kami selaku dinas teknis mendukung dengan berikan bantuan sarana produksi seperti pupuk bibit,obat-obatan, alat-alat. Sehingga bisa lebih mandiri dan berkembang,"ungkapnya. (mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *