Laporan Awal Dana Kampanye Parpol di Mimika Belum Lengkap

Selasa, 25 Sep 2018 20:28 WIT
Rony R Toisuta

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika menyatakan laporan awal dana kampanye (LADK) sebagian besar partai politik peserta Pemilu 2019 di daerah itu belum lengkap. 

“Secara aturan, batas penyerahan LADK 22 September 2019. Namun masih ada data LADK caleg belum lengkap,” kata Staf KPU Mimika, Rony R Toisuta saat ditemui di Timika, Senin (24/9).

Dikatakan, mengingat belum lengkapnya data yang ada tersebut, maka masih ada proses perbaikan sampai 27 September 2019. Dengan demikian, pihaknya berharap agar itu segera dilengkapi. 

“Adapun kekurangan yang dimaksud adalah buku rekening caleg, NPWP caleg, dan KTP elektronik caleg. Semua data itu harus dilengkapi oleh parpol dan paling lambat 27 September 2019 nanti,” katanya.

Disinggung mengenai laporan LADK masing-masing caleg, Roni mengatakan belum ada penambahan dana dan rata-rata masih sesuai pada saat pembukaan awal yaitu antara Rp100 ribu, Rp300 ribu dan Rp1 juta. 

Selain itu, masih ada laporan lainnya yang perlu dilengkapi seperti laporan sumbangan dana kampanye batas waktu sampai 2 Januari 2019, dan laporan akhir dana kampanye sampai 14 April 2019. 

“Dari laporan tersebut, kami hanya menerima hardcopy untuk diperiksa kelengkapannya. Sementara yang mengawasi aliran dana di rekening, akan dilakukan oleh kantor akuntan public (KAP) bekerjasama dengan perbankan untuk rekening koran,” terangnya.

Ditambahkan Rony, dalam laporan juga ada batasan dana kampanye dan semua sumbangan harus dinilai atau dinominalkan dan mengikuti tingkat kemahalan di Kabupaten Mimika. 

Menurut ketentuan, sumbangan dari seseorang tidak boleh melebihi Rp750 juta. Untuk kelompok, besarannya tidak melebihi Rp1,5 miliar. Kalau melebihi, maka akan dimasukkan ke kas negara bukan dikembalikan kepada penyumbang.

“Dari rekening tersebut, maka akan terlihat perputaran dananya. Kalau di bank tidak bisa dibohongi keluar dan masuknya uang. Dan dalam aplikasi semua terlihat jelas, baik penyumbang dan besarannya,” jelas dia. (mjo/SP)

Kategori:
Bagikan