Baru Tiga Parpol di Mimika Data LADK Dinyatakan Lengkap

Selasa, 25 Sep 2018 23:38 WIT
Reinhard Gobay

TIMIKA | Hingga kini baru tiga partai politik (Parpol) yang Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) dinyatakan lengkap oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika.

Ketiga parpol tersebut yakni, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Golkar, dan Perindo. Hal ini dikatakan Komisioner KPU Mimika, Reinhard Gobai saat  menghubungi seputarpapua.com, Selasa (25/9) malam.

"Dari hasi verifikasi kelengkapan LADK, hanya tiga parpol yang dinyatakan lengkap. Tiga parpol tersebut, yakni PKS Golkar, dan Perindo. Sementara 13 parpol lainnya datanya belum lengkap," kata dia.

Mengingat semakin mepetnya waktu perbaikan untuk melengkapi kekurangan data LADK sehingga pihak KPU  mengimbau bagi parpol yang belum melengkapinya untuk segera menyelesaikannya.

“Ini waktu atau batas untuk melengkapi data LADK sampai 27 September 2019 nanti. Sehingga kami imbau kepada parpol untuk segera melengkapi kekurangan yang ada,” ujar dia.

Menurut dia, dari 13 parpol tersebut, pihaknya sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan operator dan ketua parpol, agar segera melengkapi kekurangan. Apabila sampai batas belum dilengkapi akan ada konsekuensinya.

“Kalau sampai batas waktu yang ditentukan belum dilengkapi, maka ada konsekuensinya. Konsekuensinya adalah dicabutnya atau dibatalkannya dalam daftar calon tetap (DCT),” tegasnya.

Disebutkan dia, kekurangan dari 13 parpol ini adalah data dari beberapa calegnya seperti NPWP, nomor rekening, dan KTP. Data ini wajib dicantumkan, karena menyangkut dengan dana kampanye.

Perlu diketahui, laporan dana kampanye yang harus disampaikan ada tiga jenis, yakni LADK batas waktunya sampai 22 September 2019. Dan ada waktu atau masa perbaikan sampai 27 September 2019.

Selain itu, Laporan Sumbangan Dana Kampanye (LSDK) batas waktunya 2 Januari 2019. Dan Laporan Akhir Dana Kampanye (LASK) yang batas terakhirnya 14 April 2019. (mjo/SP)

Kategori:
Bagikan