seputarpapua.com

Petugas Kebersihan di Timika Mendapat Perlindungan Kecelakaan Kerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Petugas Kebersihan di Timika Mendapat Perlindungan Kecelakaan Kerja
Ahmad Fauzie Usman (Sevianto/SP)

TIMIKA | Petugas kebersihan di Kota Timika, Papua, diberikan perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian melalui program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan setempat.

Sejauh ini sudah ada sekitar 70an petugas kebersihan telah terdaftar sebagai peserta. Mereka didaftarkan atas kerjasama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Timika dengan Dinas Tata Kota (Distako) Pemkab Mimika.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Timika, Ahmad Fauzie Usman, mengatakan program yang ditawarkan kepada petugas kebersihan tersebut meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Fauzie kepada wartawan di Timika, Jumat (4/8/17) menerangkan, petugas kebersihan ini akan membayar iuran setiap bulannya bervariasi,  yakni Program  JKK Rp10 ribu,  JKM Rp6, 800 dan JHT Rp20 ribu.

“Apakah iuran petugas kebersihan itu langsung dibayarkan oleh Distako atau seperti apa, kita belum tahu. Yang terpenting mereka sudah bayar,” kata dia.

Dalam melunasi iuran kepesertaan ini tentu saja ada kewajiban tenaga kerja dan juga kewajiban dinas itu sendiri. Namun, Fauzi belum memastikan bentuk kesepakatan itu seperti apa.

“Kita belum tahu kesepakatannya seperti apa, tapi para petugas kebersihan ini katanya akan didaftarkan secara bertahap,” katanya.

Peserta BPJS Ketenagakerjaan dari petugas kebersihan, katanya, kemungkinan masih akan bertambah. Sehingga proses pendaftaran kepesertaan ini akan dilakukan secara berkala.

“Kami belum tahu berapa orang yang nantinya akan dilaporkan kembali. Proses pendaftaran ini akan dilakukan secara bertahap oleh Distako,” tuntasnya. (rum/SP)

Berita Terkait
Baca Juga