Tim Papua Juarai Kejurnas Rugby U-21, Dua Pemain Putri Gabung Timnas

Tim Papua Juarai Kejurnas Rugby U-21, Dua Pemain Putri Gabung Timnas

TIMIKA | Tim Rugby putra dan putri Papua menorehkan hasil maksimal dan akhirnya keluar sebagai juara pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rugby 7's U-21 yang dihelat mulai 29-30 September 2018 di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kedua tim sebelum ke final meraih poin sempurna tak terkalahkan dan keluar sebagai juara group. Tim putra pada babak semifinal mampu mengalahkan Tim Rugby DKI Jakarta dengan skor 17-12, sementara tim putri di babak semifinal mengalahkan Tim Bali dengan skor telak 36-0.

Tim Rugby Papua putri berhasil menundukkan tuan rumah Yogyakarta di partai final dengan skor 29-7, sementara tim putra mengalahkan tuan rumah Yogyakarta dengan skor 29-12. 

Tim putra putri Papua dalam ajang ini berhasil memboyong tropy Kejurnas Rugby U-21 tahun 2018, sementara tuan rumah Yogyakarta harus puas di posisi kedua.

Sementara untuk juara tiga diraih tim putri DKI Jakarta setelah mengalahkan Tim Rugby putri Bali dengan skor 12-10, sementara posisi ketiga putra berhasil diraih tim putra Jawa Barat setelah mengalahkan DKI Jakarta dengan skor 24-17.

Selain tampil sebagai juara, Papua juga berbangga karena Tim Nasional Rugby Indonesia memanggil dua pemain putri untuk langsung bergabung dengan Timnas Putri Rugby Indonesia yang saat ini sedang menjalani training center yaitu Megawati dan Luisa Nero.

Kedua pemain tersebut langsung diumumkan pada upacara penutupan dan langsung dibawah oleh pelatih Timnas ke pemusatan latihan di Padangkritis, Jogjakarta.

Manager Tim Rugby Papua, Fernando Yansen Tinal mengaku sangat bangga dan terharu atas prestasi yang ditorehkan kedua timnya. Menurutnya, ini adalah sebuah sejarah yang sangat luarbiasa. 

“Saya tidak bisa berkata kata lagi, ini adalah prestasi yang luar biasa dan sangat membanggakan bagi kami seluruh Papua. Terima kasih kepada semua pemain, mereka tampil sangat sempurna,” kata Yansen di Stadion Pancasila Yogyakarta," Minggu (30/9). 

Yansen mengatakan, walaupun persiapan timnya hanya seminggu namun mampu mempersembahkan juara adalah sesuatu yang sangat membanggakan.

Ia berharap hasil yang ditorehkan ini menjadi dapat mengantarkan Papua menyabet medali emas pada PON XX tahun 2020 mendatang. 

“Juara ini adalah untuk seluruh masyarakat Papua. Dengan prestasi yang sudah dibuat oleh anak-anak membuktikan bahwa olahraga rugby sudah menyatu dengan anak-anak Papua," katanya. 

Asisten Manager, DR. Adolf Siahay juga tak luput menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemain, official tim yang telah mempersembahkan juara bagi Papua.

“Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pihak  yang sudah mendukung sehingga Papua bisa mengikuti ajang Kejurnas, baik Pemprov, Pemkota Jayapura, KONI Papua termasuk PT Freeport Indonesia,” katanya. (rum/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *