seputarpapua.com

Baru 20 Persen Bidan di Mimika Miliki STR

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Baru 20 Persen Bidan di Mimika Miliki STR
BERIKAN CINDERAMATA – Ketua IBI Mimika ketika memberikan cinderamata kepada salah satu anggota IBI – Foto : Istimewa

TIMIKA | Ketua Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Mimika, Papua, Innah Gwijangge menyebutkan,  dari 600 lebih bidan di Mimika baru sekitar 20 persen yang memiliki Surat Tanda Registrasi (STR).

Innah Gwijangge mengatakan, STR  merupakan syarat wajib tenaga kesehatan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan.

Dia mengakui, hingga saat ini anggota IBI Mimika sebagian besar belum memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA).

“Yang belum miliki KTA,  itu yang belum pernah mengurus dan yang masa berlakunya sudah habis,” kata Inna kepada wartawan usai mengikuti pertemuan rutin anggota Ranting V IBI Cabang Mimika di Bidan Praktik Mandiri (BPM) Mustika, Jalan Pemuda, Kelurahan Kamoro Jaya, Sabtu (5/8).

Untuk itu,  dia menargetkan selama kepemimpiannya semua anggota IBI bisa memiliki KTA.

“Pengurus menargetkan semua bisa selesai dalam satu tahun kepemimpinan kami. Saat ini kami sedang mengurus KTA 400 anggota di IBI pusat. Itulah gunanya ada pertemuan rutin seperti ini, kita bisa langsung mendengarkan aspirasi anggota sekaligus menyampaikan informasi terbaru. Harapan kami lima ranting lain bisa melakukan hal yang sama,” jelasnya.

Ketua Ranting V IBI Mimika, Levina Tandiyono AMdKeb menambahkan, Ranting V IBI Mimika saat ini beranggotakan 137 orang bidan yang terbagi dalam lima Sub Ranting.

Wilayah Ranting V IBI Mimika meliputi lima instansi, yakni Prodi D3 Kebidanan Kemenkes Jayapura, RSUD Mimika, Puskesmas Wania, BPM Mustika, GSI dan Klinik Said. Anggota Ranting V  adalah yang terbanyak dari lima ranting IBI Mimika lainnya.

“Melaui pertemuan rutin ini kami memperkenalkan anggota baru sekaligus memberikan cinderamata bagi anggota yang pindah tugas ke daerah lain. Termasuk saling bantu, misalnya hari ini kami beramai-ramai ke RSUD untuk donor darah karena ada anggota yang lagi membutuhkan,” pungkas Levina. (ipa/SP).

Berita Terkait
Baca Juga