seputarpapua.com

Masyarakat Muslim Mimika Serahkan Donasi ke Palestina

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Masyarakat  Muslim Mimika Serahkan Donasi ke Palestina
DONASI PALESTINA – Ketua MUI Mimika Ustad M Amin saat menyerahkan donasi untuk Palestina sebesar Rp151 juta kepada BMH Mimika

TIMIKA | Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, Ustad H Amin AR, S.Ag mengatakan, umat muslim di Mimika telah menyerahkan donasi sebesar Rp151 juta untuk Palestina.

Penyerahan donasi tersebut melalui Baitul Maal Hidayatullah (BMH), pada tasyakuran Milad MUI ke-42, di Gedung Serbaga Guna Masjid Arahman, Sabtu (5/8/17).

“Uang sebesar Rp151 juta tersebut,  sudah kami serahkan ke BMH. Dari BMH akan diserahkan kepada sahabat Palestina,” kata Ustad Amin saat ditemui seputarpapua.com di Timika, Minggu (6/8/17).

Ustad Amin menjelaskan, ada dua kegiatan dilakukan sebagai bentuk simpati dan empati terhadap peristiwa di Masjid Al Aqso yang menimpa warga muslim Palestina.

Dimana MUI Mimika mengintruksikan kepada seluruh pengurus Masjid, untuk menyampaikan kepada semua jamaah agar melaksanakan Qunut Nazilah, yang dilakukan saat melaksanaan sholat lima waktu.

“Qunut Nazilah ini sebagai doa untuk umat muslim di Palestina yang terkena musibah,” kata Amin.

Selain doa, MUI Mimika juga melakukan penggalangan dana sebagai donasi. Kegiatan penggalangan dana kepada seluruh umat muslim di Mimika, baik lembaga maupun ormas Islam dilakukan selama empat hari, berhasil mengumpul donasi sebesar Rp151 juta.

“Alhamdulillah selama empat hari menggelar penggalangan donasi untuk umat muslim di Palestina, terkumpul Rp151 juta. Dan sudah diserahkan ke BMH Mimika untuk disampaikan kepada sahabt Al Aqsa di Palestina,” jelasnya.

Dia menambahkan, hikmah yang bisa dipetik dari peristiwa di Palestina adalah mendorong Palestina untuk terbebas, sejalan dengan cita-cita Presiden Jokowi. Selain itu, Masjidil Al Aqso merupakan wakaf umat muslim seluruh dunia.

Dengan dukungan demikian, kata Amin, umat muslim tidak perlu berjihad ke Palestina. Menurutnya, doa dan donasi yang digelar tersebut sudah sebagai bentuk jihad.

“Sudah tiga kali kita mendatangkan Imam Besar dari Palestina, yakni pada 2015, 2016, dan 2017. Dimana para imam besar ini menyampaikan, tidak perlu berjihat ke Palestina. Tapi donasikan hartamu dan berdoa. Semoga apa yang kita lakukan bisa bermanfaat dan menjadikan amal jariyah,” ungkapnya. (mjo/SP)

Berita Terkait
Baca Juga