450 Personel TNI-Polri Amankan Natal dan Tahun Baru di Mimika

PENYEMATAN | Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menyemat pita Operasi Lilin Cartenz 2021 kepada personel pengamanan. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
PENYEMATAN | Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menyemat pita Operasi Lilin Cartenz 2021 kepada personel pengamanan. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Operasi Lilin Cartenz 2021 di Kabupaten Mimika, Papua, melibatkan aparat TNI-Polri sebanyak 450 personel. Selain itu, pengaman juga akan dibantu dari unsur masyarakat serta instansi dan lembaga terkait.

Apel gelar pasukan Operasi Lilin Cartenz 2021 dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2021, digelar di lapangan Timika Indah, Jumat (24/12/2021).

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan bahwa gelar pasukan diharapkan dapat mengecek kesiapan personel pengamanan maupun sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam proses pengamanan.

“Jumlah personel yang kita libatkan dalam pengamanan Natal ini, TNI-Polri ada sekitar 450 personel, ditambah dengan peran serta dari tokoh-tokoh dan pemuda gereja, pemuda masjid dan kerukunan yang ada, juga membantu kita,” kata Kapolres di Lapangan Timika Indah.

Bahkan, koordinasi juga sudah dilakukan TNI-Polri bersama FKUB dan para tokoh agama, terkait gereja-gereja mana yang akan melaksanakan ibadah natal mulai sore ini untuk dilakukan pengamanannya.

“Tentunya diantara ibadah itu ada potensi-potensi gangguan keamanan, terutama terhadap kerawanan gesekan-gesekan masyarakat, juga masyarakat yang membunyikan petasan dan orang yang mabuk-mabukan, kita akan respon cepat,” katanya.

Dalam Operasi Lilin Cartenz 2021, disiapkan juga beberapa pos pengamanan yang ditempatkan personel TNI-Polri. Pos tersebut berada pada beberapa titik lokasi di kota Timika dan sekitarnya, seperti misalnya di SP 2, pertigaan Diana dan Pasar Sentral.

“Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam operasi pengamanan ini,” harapnya.

Kapolres juga menambahkan, untuk gereja-gereja besar yang akan melaksanakan ibadah natal dan tahun baru, sebelum ibadah dilaksanakan, aparat akan melakukan sterilisasi.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.