seputarpapua.com

Gerindra Mimika Bebas Berkoalisi di Pilkada 2018

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Gerindra Mimika Bebas Berkoalisi di Pilkada 2018
Bakal Calon Bupati Mimika, Muh Nurman S Karupukaro, saat mengembalikan formulir pendaftaran yang diserahkan kepada Sekretaris DPC PBB Mimika, Herman Ghafur, Senin (7/8/17) – Foto : Sevianto/SP

TIMIKA | Syarat Partai Politik (Parpol) untuk mengusulkan calon kepala daerah Mimika 2018 adalah memiliki minimal tujuh kursi di DPRD. Komunikasi politik lintas Parpol pun kian intens dilakukan dalam mencari koalisi.

Sebagai Parpol pemenang Pemilu Legislatif Mimika pada 2014 lalu, Partai Gerindra dan Partai Bulan Bintang (PBB) yang memperoleh masing-masing enam kursi sepertinya tidak akan sulit mencari koalisi.

Kader Partai Gerindra Mimika, Muh Nurman Sugianto Karupukaro, telah memastikan dirinya akan maju sebagai Bakal Calon Bupati Mimika 2018. Jika nanti resmi diusung oleh partainya, Nurman hanya butuh satu Parpol untuk berkoalisi.

Meski begitu, Parpol bentukan mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto ini memiliki syarat untuk berkoalisi dengan Parpol lain. Pertama, harus sejalan dengan visi dan misi Parpol tersebut.

“Gerindra bebas berkoalisi dengan Parpol manapun. Tetapi dengan syarat memiliki visi dan misi yang sama. Dengan tujuan memajukan Kabupaten Mimika sesuai amanat UU dan semboyan Bhineka Tunggal Ika,” kata Nurman di Timika, Senin (7/8/17).

Nurman kini terus menjalin komunikasi lintas Parpol untuk mencari dukungan dalam memastikan dirinya bertarung di Pilkada. Pada Senin kemarin, dia resmi telah mendaftar pencalonan di Sekretariat DPC PBB Mimika.

“Perlu adanya tambahan kursi partai politik di DPRD sehingga mencapai syarat tujuh kursi untuk mengusung calon,” ujarnya.

Nurman meyakini, PBB tentu akan  mendukung atau mengusung calon bupati maupun wakil bupati yang betu-betul sesuai figur yang diharapkan rakyat Mimika. Diapun dalam kesempatan itu menjadi pendaftar pertama secara resmi di DPC PBB Mimika.

“Saya tentu mengikuti mekanisme dan ketentuan yang ada di partai PBB. Hari ini (kemarin -red) saya orang pertama yang secara resmi mendaftar dan mengembalikan formulir,” kata dia.

Diapun menawarkan visi dan misinya kepada PBB. Utamanya adalah bagaimana membangun Mimika dengan mengedepankan kebersamaan, dengan hati, kejujuran, dan juga ketegasan sebagai pemimpin yang disiplin. 

“Saya rasa (dasar visi misi) itu yang dibutuhkan masyarakat, sehingga pembangunan betul-betul nyata, tidak hanya janji-janji semata tapi kenyataan tidak ada,” tuturnya.

Sekretaris PBB Herman Ghafur tak luput menyampaikan apresiasi kepada Nurman Karupukaro, yang menjadi pendaftar pertama di partainya. Menurutnya, ini sebagai bentuk keseriusan seorang Nurman, putra Kamoro untuk bertarung di Pilkada Mimika.

“Komunikasi politik itu penting.  Keberhasilan demokrasi ukurannya adalah komunikasi yang berkesinambungan untuk tetap menjalin komunikasi lintas parpol,” tandasnya. (rum/SP)

Berita Terkait
Baca Juga