PB Perbasi Kaget Fasilitas Olahraga di Mimika Berstandar Internasional

Rabu, 21 Nov 2018 19:48 WIT
Bupati Eltinus Omaleng mendampingi Kabid Kompetisi dan Pertandingan PB Perbasi Abdul Rozak meninjau fasilitas olahraga di MSC. (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) kaget ketika mengunjungi gedung olahraga Mimika Sport Complex (MSC) yang berlokasi di Jalan Caritas, kompleks Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika, Rabu (21/11). 

Kabid Kompetisi dan Pertandingan PB Perbasi Abdul Rozak menilai kesiapan Mimika sebagai salah satu kabupaten penyelenggara PON XX tahun 2020, memiliki fasilitas olahraga di MSC yang dibangun PT Freeport Indonesia itu bukan lagi berstandar nasional tetapi internasional. 

"Saya cukup bangga dan kaget juga dengan keadaan gedung olahraga yang semegah ini ada di Papua khususnya di Mimika. Saya bilang, memang standarnya ini bukan lagi nasional tapi sudah internasional," kata Rozak. 

Menurut Rozak, seluruh fasilitas yang dimiliki MSC sudah memenuhi standar internasional. Mulai dari jalan, lighting, flooring hingga tribun penontonnya sudah memenuhi standar fasilitas olahraga bertaraf internasional. 

"Mudah mudahan nanti kami PB Perbasi pusat apakah sebelum PON atau sesudah PON, minimal nanti Mimika akan kita pakai untuk kejurnas atau sifatnya Asean," katanya. 

Ia berharap, MSC bukan saja untuk PON 2020 tetapi juga dapat digunakan pada berbagai ajang kejuaraan olahraga tingkat nasional lainnya secara berkelanjutan. 

"Apalagi kita lihat di Papua ini atlet sangat potensial sekali, mudah mudahan dengan adanya fasilitas olahraga semegah ini menjadi awal kebangkitan atlet melenggang ke kanca nasional dan bahkan ternasional," ujarnya. 

Rozak memastikan, Mimika adalah kabupaten yang paling siap dari lima kabupaten lainnya termasuk Jayapura sebagai ibu kota provinsi dalam menyambut PON 2020 di Papua. 

"Saya sudah ke Jayapura melihat kesiapan menjelang PON memang sedikit agak lambat. Di Merauke juga seperti itu. Saya melihat di Mimika ini yang paling siap menghadapi PON. Makanya saya juga cukup kaget, ternyata selama ini salah penafsiran antara Jayapura dan Mimika, sekarang berbanding terbalik," katanya. 

Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyebut, sedikitnya sembilan cabang olahraga akan digelar di Mimika pada PON XX. Cabang olahraga yang akan dihelat di MSC antara lain, bola basket, volli, bulu tangkis, atletik.

"Tadi disebut sudah bertaraf internasional, saya bangga sekali. Yang jelas kami sudah siap sebagai tuan rumah PON," kata Bupati Omaleng.

Mimika Sport Complex (MSC), fasilitas olahraga yang mencakup stadion indoor, stadion outdoor khusus atletik, wisma atlet, dan sarana penunjang lain berstandar internasional dibangun PT Freeport Indonesia sebagai dukungan untuk penyelenggaraan PON 2020 di Papua.

Fasilitas olahraga yang cukup megah tersebut dibangun PT Freeport Indonesia dengan menggelontorkan dana sekitar 25 juta dolar AS atau sekitar Rp260 miliar. (rum/SP)

Kategori:
Bagikan