Warga Suru-Suru Kini Nikmati Jaringan Telekomunikasi

Warga Suru-Suru Kini Nikmati Jaringan Telekomunikasi
Menara Telkomsel yang di bangun di Distrik Suru-Suru Kabupaten Asmat.

ASMAT | Warga Distrik Suru-Suru, Kabupaten Asmat kini gembira karena sudah dapat menggunakan telpon selular setelah pemerintah membangun menara pemancar sinyal Telkomsel di distrik tersebut.

Pemancar sinyal telpon atau Base Transceiver Station (BTS) di Distrik Suru-Suru diaktifkan oleh PT Telkomsel, yang bekerja sama dengan Dinas Informasi Komunikasi Statistik dan Persandian Kabupaten Asmat.

“Meski jaringannya masih hilang muncul, namun kami senang karena kehadiran menara Telkomsel ini bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah distrik untuk berkomunikasi,” kata Kepala Distrik Suru-Suru Vincen K Wandikbo di Suru-Suru, Jumat (30/11).

Mewakili warganya, Vincen memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Asmat dalam hal ini Bupati Asmat Elisa Kambu dan Wakilnya Thomas Eppe Safanpo yang telah berjuang menghadirkan akses telekomunikasi di distrik tersebut.

“Adanya menara itu, warga bisa telpon anak-anaknya yang mengenyam pendidikan di luar Asmat maupun keluarga di daerah lain. Begitu juga dengan ASN yang bertugas di distrik, tentu membuat mereka lebih betah,” ujarnya.

Menurut dia, kehadiran menara Telkomsel itu akan berdampak baik terhadap pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan bidang lainnya. 

“Contohnya kalau ada warga yang sakit berat dan berharap rujukan, keluarga pasien dapat menyampaikan kepada perawat melalui telpon. Pemerintah juga bisa memantau perkembangan pendidikan di Suru-Suru melalui telekomunikasi,” katanya.

Vincen menambahkan bahwa sebelum ada jaringan telekomunikasi, informasi didistribusikan secara manual atau disampaikan perseorangan.

“Sebelumnya kalau ada informasi dari Agats, kita harus menggunakan kapal cepat (speed boat) ke Suru-Suru. Begitu pun sebaliknya,” tandasnya. (NT/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *