Surat Suara Pemilu 2019 Tidak Cantumkan Foto Caleg

Senin, 03 Des 2018 20:57 WIT
Melkianus Kambu

TIMIKA | Foto calon anggota DPRD Kabupaten tidak akan terpampang pada kertas surat suara Pemilu Legislatif 2019 mendatang. 


Demikian ditegaskan Komisioner KPU Papua, Melkianus Kambu melalui sambungan telepon yang diterima media ini, Senin (3/12).


Kata dia, pada surat suara calon anggota DPRD Kabupaten hanya akan tertera nomor urut dan nama calon sesuai dengan KTP yang dilampirkan saat mendaftar melalui partai politik.


“Pada surat suara nanti, hanya ada lambang partai politik (parpol), nomor urut, dan nama lengkap caleg sesuai dengan KTP saat mendaftar ke KPU. Sementara surat suara yang memiliki foto, yakni untuk DPD dan Capres,” kata Melkianus. 


Kata dia, alasan kenapa pada surat suara tidak tercantum foto pada caleg DPRD dikarenakan ukurannya cukup besar. Hal itu akan mengakibatkan pemilih akan kesusahan dalam membuka dan melihat calon yang akan dipilih.


“Hal ini perlu diketahui oleh para caleg dan parpol. Agar bisa mensosialisasikan diri kepada masyarakat atau pendukungnya,” ujarnya.

 

Melki sapaan akrabnya mengatakan, dengan kondisi seperti itu, maka semua caleg mulai nomor urut  satu dan seterusnya memiliki peluang sama dalam perolehan suara, untuk bisa duduk di kursi DPRD.


“Jadi semua caleg memiliki peluang yang sama dalam persaingan untuk menduduki kursi DPRD,” katanya.


Ia menambahkan bahwa nama-nama para caleg yang sudah ditetapkan, tidak dapat diganti. Apabila caleg yang bersangkut meninggal dunia, maka namanya hanya akan dihapus pada surat suara.


“Tidak bisa menggantikan calon. Jika yang bersangkutan meninggal maka, tetap ada nomor urutnya pada surat suara, tapi namanya dihapus dan tidak bisa diganti,”terangnya.


Karena itu, sebelum surat suara dicetak, pihaknya akan melakukan validasi di KPU RI. Dimana, seluruh nama caleg yang sudah diumumkan pada Daftar Calon Tetap (DCT) Pileg 2019 akan diverifikasi sebelum dicetak.


“Desainnya sudah ada. Namun sebelum dicetak, nama-nama caleg akan kami lihat kembali agar tidak sampai salah pada logistik,”ungkapnya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan