Dinkes Mimika Tambah Tiga Ambulance 119 Dukung Layanan Kesehatan

Rabu, 05 Des 2018 19:10 WIT
Reynold Ubra

TIMIKA | Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua diakhir tahun 2018 ini akan menambah 3 unit Ambulance 119 untuk mendukung tugas-tugas pelayanan kesehatan. Anggaran pengadaan 3 unit ambulance ini   berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018.


Sekretaris Dinkes, Reynold Ubra menjelaskan, selain itu, di 2018 pihaknya juga mengadakan 10 unit Puskesmas Keliling (Pusling) roda empat dan juga 1 unit mobil operasional. 


Kata dia, pengadaan ini sendiri dilakukan karena saat ini di Mimika belum memiliki pusling maupun ambulance di puskesmas.


"Pusling itu nanti kami tempatkan di Puskesmas, kemudian ada yang nanti kami dorong sampai ke Agimuga dan Potowaiburu. Sedangkan Ambulance kami siapkan 1 dalam kota dan 2 di pinggiran," katanya di Timika, Rabu (5/12).


Dijelaskan, Ambulance 119  sesuai dengan Peraturan Presiden ialah Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (Public Service Center/PSC 119) dan seluruh kabupaten kota wajib memilikinya.


Kata dia, saat ini pihaknya masih menunggu pengiriman. Yang mana jika kendaraan-kendaraan tersebut tiba di Timika, akan dilakukan pemeriksaan oleh TP4D, Inspektorat Kabupaten Mimika dan juga Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP).


"Nanti setelah dicek dan sudah sesuai dengan spesifikasi baru bisa diserah terima ke Puskesmas," kata Reynold.


"Kami coba fasilitasi ini, pelayannya itu ada di puskesmas, jadi itu pelayanan pra hospital. Misalnya ada ibu yang mau melahirkan, mereka tinggal telpon dan 119 siap ke rumah untuk jemput.
Nanti ada hotline servicenya," tambahnya. (Nft/SP)

Kategori:
Bagikan