Dinas Ketahanan Pangan Gelar Pasar Murah

Kamis, 06 Des 2018 18:42 WIT
Masyarakat saat berbelanja di pasar murah yang digelar Dinas Ketahanan Pangan. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika menggelar pasar murah dengan menjual pangan lokal segar dan juga sembako dengan harga yang tentu lebih murah dibanding harga pasar. Kegiatan ini digelar di Halaman Kantor Ketahanan Pangan, Jln Poros SP 5, Kamis (6/12).

Sejumlah pangan hasil petani lokal yang dijual diantaranya, bawang merah dan bawang putih, cabai, tomat, kentang, wortel dan berbagai sayuran lainnya, juga beras, telur lokal, minyak goreng, tepung terigu hingga tepung sagu kemasan.

Mirna, salah satu pengunjung pasar murah mengaku sangat senang dengan diadakan pasar murah, yang mana dirinya bisa membeli kebutuhan untuk sehari-hari dan juga untuk keperluan natal dengan harga lebih ringan.

"Bawang tadi saya beli per kilo Rp. 24.000., gula pasir juga hanya Rp. 10.000 per kilo. Masih banyak yang saya mau beli, tapi banyak orang jadi harus antri," katanya.

Pantauan Seputarpapua.com di lokasi, stand-stand tidak hanya dikerumuni oleh masyarakat biasa yang berdesak-desakan untuk memperoleh barang-barang dengan harga murah, tetapi juga oleh sejumlah pejabat dan PNS di lingkup Pemkab Mimika.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, DR. I Nyoman Putu Arka yang membukanya kegiatan tersebut mengatakan, permintaan kebutuhan pokok menjelang natal dan tahun baru cenderung meningkat dan tentu akan akan berdampak pada kenaikan harga pasar yang cukup tinggi. Hal ini tentu akan menjadi beban dan mengurangi daya beli masyarakat, terutama kalangan keluarga kurang mampu.

"Pasar murah ini tujuannya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang bisa lebih terjangkau. Pasar murah ini diharapkan bisa dimanfaatkan baik oleh masyarakat dan tentu berbelanja sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Diakhir sambutannya mewakili Bupati Eltinus Omaleng, I Nyoman Putu Arka mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban menjelang hingga hari raya natal dan tahun berakhir.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan I Nyoman Dwi Tana mengatakan, pasar murah yang diselenggarakan merupakan program Bupati Mimika Eltinus Omaleng, yang bertujuan mempromosikan produk pangan lokal.

Ini juga diharapkan bisa menjadi solusi untuk masyarakat, mengingat harga bahan pokok menjelang hari raya cenderung naik.

"Kali ini kita buat jelang Natal, waktu lebaran yang lalu juga kita buat kegiatan yang sama," katanya. (Nft/SP)

Kategori:
Bagikan