Satu Anggota DPRD Mimika Walkout Saat Paripurna Pembahasan APBD

Satu Anggota DPRD Mimika Walkout Saat Paripurna Pembahasan APBD
Suasana rapat sidang paripurna yang ssbelumnya dihadiri Saleh Alhamid. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Satu anggota DPRD Mimika, Saleh Alhamid walkout atau keluar ruangan rapat paripurna II masa sidang III, tentang pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Mimika tahun anggaran 2019, Kamis (13/12) malam.

Keluarnya Saleh Alhamid disaat pimpinan rapat paripurna yang juga Ketua DPRD Mimika, Elminus B Mom memberikan waktu untuk Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) membacakan pandangannya oleh M Nurman Karupuaro.

Pada saat itu, Saleh Alhamid yang merupakan anggota Fraksi Amanat Hati Rakyat mengajukan interupsi kepada pimpinan rapat dan mengatakan bahwa dirinya akan walkout dari ruangan rapat. Dirinya walkout atas nama pribadi tidak melibatkan fraksi dan komisi. 

“Saya walkout merupakan hak konstitusi saya sebagai anggota DPRD. Saya mengajak Fraksi Amanat Hati Rakyat untuk menerima RAPBD 2019 ini, dengan syarat,"katanya.

Saleh juga mengatakan, dirinya tidak akan memberikan keterangan apapilun kepada wartawan selama enam bulan kedepan terkait dengan hak konstitusinya. 

“Saya mohon kepada Sekretaris Dewan untuk mencabut berita acara atas kehadiran saya. Saya Saleh Alhamid meninggalkan ruangan ini dengan alasan pribadi,” katanya.

Ketua DPRD Mimika mengatakan bahwa walkoutnya Saleh Alhamid merupakan keinginan pribadi. Tidak ada masalah terhadap hal tersebut. Sehingga rapat paripurna pembahasan RAPBD 2019 tetap dilanjutkan

“Kami tidak akan mengorbankan agenda ini karena kepentingan satu orang. Tidak ada masalah, karena itu urusan pribadinya,” kata Elminus Mom.

Sampai berita ini ditulis, belum mengetahui alasan dmSaleh Alhamid walkout dari ruangan rapat paripurna tentang pandangan umum fraksi terhadap RAPBD 2019 Kabupaten Mimika.

Perlu diketahui, pada saat pembukaan rapat paripurna tersebut, Sekwan Paulus Dumais membacakan daftar hadir. Anggota DPRD Mimika yang hadir berjumlah 29 dari 34 orang.  Dengan walkoutnya Saleh Alhamid, maka jumlah anggota DPRD Mimika yang ikut rapat paripurna tersebut sebanyak 28 orang. (mkr/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *