seputarpapua.com

Amole Polres Mimika Jadi Pilot Project Pelayanan Berbasis Aplikasi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Amole Polres Mimika Jadi Pilot Project Pelayanan Berbasis Aplikasi
FOTO BERSAMA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian berfoto bersama dengan operator Amole Polres Mimika di ruangan command centre – (Foto: Mujiono/SP)

TIMIKA I Polres Mimika menjadi Pilot Project (proyek percontohan) Pelayanan Publik Berbasis Digital dengan sistim Aplikasi di wilayah hukum Polda Papua.Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi yang diberi nama Amole Polres Mimika merupakan salah satu kebijakan dari Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam meningkatkan akses pelayanan dari Kepolisian kepada masyarakat.

“Hari ini Aplikasinya resmi telah dilaunching oleh bapak Kapolri. Aplikasi Amole Polres Mimika merupakan perwujudan program prioritas dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang berbasis informasi dan teknologi,” kata Kapolda Boy Rafli saat memberikan sambutan pada acara  peluncuran Aplikasi Amole Polres Mimika di Mapolres Mimika, Jumat (11/8/17).

Kapolda menjelaskan, di wilayah hukum Polda Papua ada empat Polres yang akan menggunakan aplikasi ini, yakni Polres Mimika, Polresta Jayapura, Polres Merauke, dan Polres Biak. Empat Polres ini dipilih karena memiliki infrastruktur jaringan komunikasi yang cukup baik bila dibandingkan dengan Polres-Polres lain  di Provinsi Papua.

Lanjutnya, untuk mendukung pengoprasian Aplikasi ini, pihaknya telah membangun  Command Center sebagai pusat pengendalian Aplikasi Amole  Polres Mimika.

“Saat ini baru empat Polres yang menerapkan pelayanan kepolisian berbasis aplikasi. Polres Mimika menjadi Pilot Project dari empat Polres yang akan menerapkan aplikasi ini. Untuk itu, saya minta agar Kapolres di tiga kabupaten lainnya untuk hadir dalam peluncuran aplikasi ini agar mereka dapat melihat langsung dan segera ditindaklanjuti di daerah mereka masing-masing,” tutur Kapolda.
   
Lanjut Boy, kedepannya Polres-polres diwilayah pedalaman, baik pegunungan dan pesisir pantai akan menerapkan pelayanan kepolisian berbasis aplikasi. Ini karena, akan dibangun fasilitas fiber optik oleh Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kemenkominfo) yang bisa mencapai wilayah pegunungan.

“Kedepan, Polres di wilayah pedalaman bisa menerapkan program ini. Karena pemerintah pusat melalui Kemenkominfo akan membangun fiber optik yang bisa menjangkau daerah pedalaman,”katanya.
 
Aplikasi Amole Polres Mimika sudah bisa diunduh melalui Play Store pada smartphone berbasis Android. Dalam aplikasi ini terdapat fitur-fitur, seperti peta yang terintegrasi dengan GPS sistim. Dengan aplikasi ni masyarakat bisa melaporkan ke Polres Mimika dan anggota Polisi akan menindaklanjuti berdasarkan posisi pelapor yang terdeteksi pada sistim GPS yang terintegrasi.

Selain itu, terdapat kontak penting yang berisikan nomor-nomor yang langsung bisa click and call. Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur layanan, berisi aplikasi yang terintegrasi, seperti SKCK, SIM Online Mabes Polri. Fitur berita yang berisikan berita resmi tribratanews serta fitur Babinkamtibmas yang berisi wilayah Babinkamtibmas di seluruh wilayah hukum Polres Mimika.(mjo/SP)

Berita Terkait
Baca Juga