Polres Mimika akan Selesaikan Empat Kasus Tipikor Awal 2019

Polres Mimika akan Selesaikan Empat Kasus Tipikor Awal 2019
Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto

TIMIKA | Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan, di awal 2019 pihaknya akan menyelesaikan empat kasus tindak pidana korupsi (tipikor) yang saat ini diproses di Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Mimika.

“Ada empat kasus tipikor akan diselesaikan di awal tahun ini,” kata Kapolres saat ditemui wartawan di bekas Sekretariat KNPB Timika, Rabu (2/1). Namun Kapolres tidak menjelaskan secara detail kasus-kasus tersebut.

Kata dia, untuk kasus-kasus yang terkait masalah tindak pidana korupsi tidak akan diamkan dan akan terus berproses. Namun diakuinya untuk kasus yang sifatnya lex specialis (tipikor) tidak bisa disamakan dengan kasus-kasus lex generalis (tindak pidana umum).

Kalau kasus tindak pidana umum, apabila segitiga pembuktian itu sudah terpenuhi, maka dengan sendirinya berkas bisa segera diserahkan ke kejaksaan, yakni tersangka, barang bukti dan saksi.

“Untuk kasus yang sifatnya lex specialis, butuh pelibatan unsur-unsur tertentu. Sebagai contoh, pemeriksaan dari BPKP harus ada pemeriksaan audit internal dan audit investigasi yang harus dipenuhi. Sehingga ada proses dan waktu yang tidak bisa langsung diserahkan ke kejaksaan,”kata AKBP Agung.

Menyangkut dugaan kasus korupsi pada Bappeda Mimika, Kapolres mengatakan, penyidik tipikor sudah melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Negeri Mimika, terkait Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP). 

IKLAN-TENGAH-berita

" Hasil audit dari BPKP sudah ada, namun belum bisa dipublikasikan. Untuk tersangka sudah ditetapkan tinggal diserahkan kejaksaan. Namun mohon pengertiannya, seperti apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden terhadap kasus korupsi tidak bisa direlease atau disampaikan secara terbuka sebelum diserahkan ke kejaksaan,," tuturnya. (mkr/SP)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar