Petugas Kebersihan Harus Diperhatikan

Jumat, 01 Feb 2019 11:47 WIT

TIMIKA |  Dinas Lingkungan Hidup diminta  memberikan perhatian khusus kepada para petugas kebersihan yang mengangkut sampah setiap hari.

“Petugas sampah itu pekerjaan yang paling mulia dan tidak sembarang orang mau bekerja di situ. Sehingga harus diperhatikan lebih, khususnya menyangkut ksejehateraan,” kata Ketua Komisi A DPRD Mimika, Saleh Alhamid di Kantor DPRD Mimika, Kamis (31/1).

Kata dia, setiap hari, pekerja kebersihan ini harus berurusan dengan sampah yang dibuang masyarakat. 

Ia berharap petugas kebersihan tersebut mendapat jaminan kesehatan dan perlengkapan sebagaimana mestinya, sepertu helm dan seragam kerja, termasuk armada sampah. Karena mereka sangat bereperan aktif dalam menciptakan kebersihan lingkungan di Kota Timika. 

“Mimika akan menjadi tuan rumah dalam perhelatan PON XX tahun 2020. Dalam rangka meraih Piala Adipura, maka petugas kebersihan harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah,” tuturnya.

Kata Saleh anggaran untuk kebersihan Mimika harus ditambah agar gaji para petugas juga naik.

“Apabila hal ini tidak diperhatikan, maka mereka tidak bekerja. Bisa dibayangkan tata kota di Kabupaten ini bagaimana? Kota kita akan jadi kota yang menjijikkan. Padahal infrastuktur Timika bagus,” ujarnya.

“Kalau itu terjadi, maka bagaimana kita akan mendapatkan Piala Adipura dan bagaimana penilaian masyarakat yang datang pada saat PON nanti,” imbuhnya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan