Ketua KPU RI Lantik Lima Komisioner KPU Mimika

Senin, 04 Feb 2019 15:52 WIT
Lima komisioner KPU Mimika yang sudah dilantik oleh KPU RI. (Foto:Ist/SP)

TIMIKA | Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU Rl), Arief Budiman melantik lima komisioner KPU Mimika, di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (4/2).

Kelima komisioner ini yaitu, Indra Ebang Ola, Laurensius Minipko, Luther Beanal, Dedy Nataniel Mamboay, dan Fidelis Piligame.

Pada pelantikan tersebut, juga sekaligus penetapan jabatan dan fungsi masing-masing komisioner.

Untuk Ketua KPU Mimika merangkap Divisi Keuangan dan Logistik Indra Ebang Ola, Divisi Hukum Laurensius Minipko, Divisi Umum Fidelis Piligame, Divisi Teknis Dedy Nataniel Mamboay, dan Divisi Data Luther Beanal.


“Komisioner KPU Mimika sudah dilantik oleh KPU RI. Selain Mimika, KPU RI juga melantik beberapa komisioner KPU daerah di Papua, yakni KPU Yahukimo dan Deiyai,” kata Koorwil KPU Mimika sekaligus Komisioner KPU Papua, Zufri Abubakar saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (4/2).

Kata dia, setelah dilantik, komisioner KPU Mimika dan lainnya akan menjalankan masa orientasi oleh KPU RI. Namun karena belum ada undangan, maka pihaknya meminta kepada komisioner untuk kembali ke Mimika.

Dengan tujuan, untuk berkoordinasi dengan staf KPU Mimika, terkait tahapan-tahapan Pemilu 2019 yang akan dijalankan, seperti bimbingan teknis (bimtek) terhadap Panitia Pemilihan Distrik (PPD). Serta mengecek kembali logistik Pemilu, apakah sudah lengkap atau belum.

“Tahapan yang penting adalah bimtek terhadap PPD, terkait perhitungan suara. Serta mengecek terhadap logistik Pemilu yang kurang. Sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 ini bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan sudah dilantiknya komisioner KPU Mimika ini, maka tugasnya menjadi sedikit ringan. Namun pihaknya selaku korwil Mimika tidak akan melepaskan begitu saja, tetapi akan tetap dilakukan pengawasan dan supervisi.

Sebab, menurut dia, ini sudah tugas dan sudah sesuai peraturan bahwa tugas dari korwil adalah melakukan supervisi di setiap daerah.

“Kami berharap, dengan dilantiknya lima komisioner KPU Mimika ini, mereka menjalankan tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) secara professional, jujur, dan berintegritas. Sehingga pesta demokrasi berjalan lancar, sesuai dengan yang diharapkan semua pihak,” ungkapnya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan