DPM-PTSP Mimika Imbau Peserta Pemilu Daftarkan Pemasangan APK

Jumat, 08 Feb 2019 19:12 WIT
Lopianus Fuakubun

TIMIKA | Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DM-PTSP) Mimika, Lopianus Fuakubun mengimbau kepada peserta Pemilu 2019, baik Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg), untuk mendaftarkan alat peraga kampanye (APK) sebelum pemasangan dalam Kota Timika.

"Pada saat pertemuan lalu, kami sudah sampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa setiap partai politik, caleg, maupun tim pemenangan Pilpres, wajib mengajukan permohonan kepada DPM –PTSP,” kata Lopianus saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/2).

Kata Lopi, dalam pengajuan ini, pemohon wajib membawa APK dan membayar administrasi sesuai dengan jumlah APK, baik baliho maupun spanduk. Pembayaran administrasi ini sebagai jaminan bongkar.

“Kalau pemohon sudah membayar, maka akan diberikan tandatangan dan cap pada APK, sebagai tanda telah diberikan perijinan dari Pemda Mimika,”terangnya.

Lopianus menambahkan, pendaftaran APK ini juga bertujuan untuk penataan Kota Timika. Apalagi ini menjelang PON XX tahun 2020 nanti. Serta penilaian terhadap penghargaan piala Adipura, sehingga Kota Timika terlihat bersih.

“Jadi ini bukan hanya tanggungjawab pemda. Tapi juga merupakan tanggungjawab semua komponen masyarakat Timika,” tuturnya.

Menurutnya, untuk tempat pemasangan APK, pihaknya bersama dengan KPU dan Bawaslu sudah menentukan titik-titik mana saja yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan. 

Tempat-tempat yang tidak diperbolehkan, seperti jalan protokol mulai bandara, sebagian Jalan A Yani, Jalan Trikora, sebagian Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Cenderawasih hingga cek poin Kuala Kencana.

“Selain itu, di rumah ibadah,  kantor pemerintahan, dan sekolah. Semua tempat itu sudah kami bahas dan bicarakan. Jadi harap dipatuhi, apa yang sudah disepekati,” ungkapnya. (Cr-1/SP)

Kategori:
Bagikan