Blanko Habis, Disdukcapil Mimika Hentikan Pencetakan e-KTP

Senin, 11 Feb 2019 17:08 WIT
Hilar Limbong Allo, S.Sos., M.Si

TIMIKA | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mimika, Provinsi Papua menghentikan pencetakan e-KTP pada Senin 11 Februari 2018. Hal ini terpaksa dilakukan karena persediaan blanko e-KTP telah habis sejak Jumat 8 Februari lalu.


Pantauan Seputar Papua, perangkat komputer dan mesin pencetak pada loket pencetakan e-KTP sama sekali tidak beroprasi. Begitupun petugas pencetak maupun masyarakat tidak ada yang tampak terlihat seperti biasanya.


Kepala Bidang Informasi Administrasi Kependudukan, Hilar Limbong Allo menjelaskan, persediaan e-KTP telah habis sejak Jumat lalu. Sesuai dengan peraturan dari pemerintah pusat bahwa setiap harinya Disdukcapil harus memberikan pengumuman kepada masyarakat terkait jumlah blanko e-KTP yang tersisa.

 

alt text

Loket pencetakan e-KTP di Kantor Disdukcapil Mimika sama sekali tidak ada aktifitas.
 


Disdukcapil Mimika juga telah aktif melakukan pengumuman tersebut di kantornya.


Saat ini kata Hilar, Plt. Kepala Disdukcapil Aprida, sedang berada di Jakarta untuk mengambil langsung blanko e-KTP. Namun, dirinya belum bisa memastikan kapan blanko akan tiba dan tersedia untuk digunakan di Disdukcapil Mimika.


Ia mengungkapkan, sebelumnya blanko e-KTP yang baru saja habis ini merupakan persediaan sejak Januari lalu yang mana Disdukcapil Mimika menerima blanko hanya sebanyak 2500 keping.


"Kita juga maunya itu bisa sebanyak mungkin, tapi ya begitu, kita juga dibatasi dari pusat. Sehingga kita terima itu sesuai dengan yang dikasih dari pusat," kata Hilar saat diwawancara Seputar Papua di kantornya, Senin (11/2).


Pembatasan pemberian jumlah blanko ini sendiri kata Hilar, berdasarkan informasi bahwa ada tim dari pemerintah pusat yang akan turun langsung untuk percepatan perekaman e-KTP. 


Lebih lanjut, Hilar mengatakan meskipun persediaan blanko kosong, namun pihaknya tetap memberikan pelayanan perekaman e-KTP kepada masyarakat seperti biasanya. Pelayanan pembuatan dokumen kependudukan lainnya juga tetap berjalan seperti biasanya.


Untuk target kepemilikan e-KTP secara nasional 90 persen pada Maret mendatang, hingga saat ini dirinya belum mengetahui jumlah pasti. Terakhir pada Desember lalu Disdukcapil Mimika telah mencapai target sekitar 60 persen. (Nft/SP)

Kategori:
Bagikan